Jika Anda sering berbicara didepan umum, atau sekedar menyampaikan presentasi, artinya Anda mempunyai sebuah habit, menciptakan sebuah kebiasaan. Kebiasaan adalah kegiatan yang sering kita lakukan dan akhirnya menjadi rutinitas.

Maurice DeCastro, former corporate executive, menilai ada beberapa kebiasaan yang bisa membuat anda menjadi seorang presenter jenius dan hebat. Ini juga dapat membantu Anda mengidentifikasi kebiasaan yang belum sepenuhnya berguna untuk Anda.

Berikut adalah 10 kebiasaan seorang presenter hebat yang sebenarnya.

1. Selalu fokus terhadap audiens, terhadap semua pendengar Anda

Seorang presenter yang hebat dan juga berpengalaman adalah mengurangi perhatiannya terhadap diri sendiri, dan menempatkan semua fokus dan perhatiannya kepada audiens. Hal ini bisa menjadikan audiens merasa dihargai dan nyaman ketika mendengarkan sebuah presentasi. Ketika itu dilakukan, maka pesan yang disampaikan bisa lebih mudah dimengerti dan lebih efektif.

2. Tetap berbicara on-point

Presenter yang ragu, gugup, gelisah, selalu ingin mengutarakan semua yang dia tahu, semua poin yang seringnya keluar dari topik dan tema yang dibicarakan. Sementara itu, seorang presenter hebat selalu mengatakan apa yang sekiranya dibutuhkan oleh mereka, membicarakan inti topik dan pesan yang menjadi inti dari presentasi. Secukupnya lebih baik baik dari pada selebihnya.

3. Melakukan presentasi sebagai peluang

Presenter yang gugup dan tidak percaya diri selalu melihat presentasi sebagai pertunjukan yang dinilai oleh oleh orang lain. Hal ini yang kiranya berkontribusi terhadap semua kegelisahan dan keraguan yang dirasakan oleh presenter. Seorang presenter yang hebat selalu berpikir bahwa melakukan presentasi adalah sebuah peluang yang menambah nilai terhadap personal ataupun meningkatkan peluang kehidupan profesional.

4. Practice Makes Perfect

Tidak ada yang tidak tahu mantra ini. Presenter yang kurang percaya diri lebih mempunyai banyak waktu memikirkan kegelisahan, kegagalan dan semua keraguan tanpa henti. Sementara kebiasaan seorang presenter hebat selalu menggunakan waktu bahkan mengalokasikannya untuk berlatih dan terus berlatih dan selalu berlatih.

5. Menyajikan cerita yang relevan

Percaya atau tidak, presenter hebat selalu menyisipkan sebuah cerita ditengah-tengah presentasi. Cerita yang sejalan dengan topik dan tema presentasi. Apalagi sebuah anekdot dan perspektif yang bisa mempengaruhi sikap audiens, pendapat dan kebiasaan mereka. Jadi, biasakanlah untuk menyiapkan satu cerita dan anekdot untuk kebutuhan Anda.

6. Berkolaborasi dengan audiens

Tidak ada cara lebih baik untuk mengikutsertakan audiens selain untuk membuat mereka terlibat dalam presentasi Anda. Dan itulah cara berpikir seorang presenter hebat. Lemparkanlah pertanyaan, dan buat mereka untuk saling berdiskusi, bertanya dan menggunakan imajinasi mereka terhadap poin yang ingin disampaikan oleh Anda.

7. Berwarna dan Kreatif

Sikap yang selalu dimiliki oleh seorang desainer hebat adalah selalu menampilkan desain yang menarik dan berpikir diluar dari pemikiran biasa. Desain yang menampilkan gambar yang cocok memberikan kesan yang bagus untuk audiens. Infografis, ilustrasi, dan semua metode yang bisa membuat audiens berimajinasi, dan yang lebih penting membuat pesan yang ingin disampaikan bisa diingat untuk jangka waktu yang lama bagi audiens.

Bingung caranya? Konsultasikan selalu dengan Tokopresentasi untuk memastikan desain presentasi anda berwarna dan terlihat kreatif.

8. Menyesuaikan suara sesuai keadaan

Tidak elok jika sebuah pernyataan dilemparkan dengan nada pertanyaan, tidak juga penyampaian pesan inti disampaikan dengan pita suara rendah bahkan sukar untuk dimengerti. Suara Anda sebagai presenter bisa menentukan apakah audiens akan mendengarkan, atau malah terkantuk-kantuk dan bosan. Latihlah penggunaan nada suara ketika berpresentasi, bertanya, menjelaskan poin inti, ritme, nada, dan kecepatan. Bahkan bila perlu ada jeda setelah menyampaikan pernyataan penting dan mengulanginya lagi untuk memastikannya.

9. Kuasai peralatan dan materi Anda

Presenter yang hebat selalu melakukan basic research tentang topik dan mengetahui alat untuk mendukung presentasinya. Jangan naik ke panggung dengan bermodalkan sesuatu yang hanya berasal dari slide anda tanpa setidaknya mengetahui alasan dan tujuan Anda berada dipanggung itu. Untuk itu, penelitian basic bisa mencerahkan apa yang seharusnya anda katakan, dengan gaya dan otentik dari Anda sendiri. Di samping itu, pastikan alat yang anda pakai berjalan dengan lancar dan menguasainya. Masalah teknis bisa saja menghancurkan presentasi Anda jika tidak dipelajari.

10. Jadilah konsisten

Presenter jenis nan hebat berbicara konsisten dan menyesuaikan dengan topik, latar belakang audiens, pengalaman, nilai dan kepercayaan, juga emosi. Dalam kata lain, bicaralah dengan konsistensi untuk membuat audiens anda nyaman karena mereka merasa dimengerti oleh Anda, sang presenter

Bila Anda ingin tahu lebih banyak mengenai desain presentasi dan tips membuat presentasi yang powerful silahkan ikuti workshop Powerful Point dari Tokopresentasi.com, dim

Untuk pendaftaran workshop Powerful Point, klik di sini

Jadwal public class selama tahun 2017, klik di sini

Website: www.tokopresentasi.com

Email: info@tokopresentasi.com

Phone: 0812 8905 030 / 0812 8816 5156

BBM: 5795FBDD