Mark Twain, seorang penulis asal Amerika pernah berkata, “Ada dua jenis pembicara: Mereka yang gugup dan mereka yang pendusta.” Hal ini menunjukan bahwa rasa gugup sebelum melakukan presentasi adalah merupakan sesuatu yang lumrah dan manusiawi. Bahkan pembicara yang sudah ahli pun dapat merasakan hal itu. Namun, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan sebelum presentasi hanya dalam waktu 5 menit.

1. Mulai dengan aura positif

Pertama-tama yang harus kamu ketahui sebelum melakukan presentasi adalah tidak ada yang salah jika kamu merasa gugup sebelum presentasi. Rasa gugup sebelum berbicara di depan umum merupakan hal yang sangat lumrah, jadi ingat bahwa kamu tidak sendiri. Semakin kamu memikirkan kemungkinan buruk semakin tinggi tekanan yang akan kamu rasakan. Maka dari itu, mulailah dengan aura positif dan memikirkan hal-hal yang baik. Mulai dengan memperbanyak senyum, tarikan nafas dalam, dan visualisasi hal-hal yang baik.

2. Jangan lupa minum, pemanasan, dan manfaatkan toilet

Sangat dianjurkan untuk minum cukup sesaat sebelum presentasi. Dehidrasi dapat membuat mulut, tenggorokan, dan bibir kamu kering. Selain mengganggu penampilan itu dapat mengganggu saat kamu berbicara di depan banyak orang. Luangkan waktu untuk pemanasan, meregangkan otot-otot agar kamu rileks dan santai. Jangan lupa, manfaatkan keadaan toilet. Meskipun kamu merasa tidak perlu, tapi mungkin kamu melupakan sinyal dari tubuhmu. Gunakan cermin toilet untuk memastikan penampilanmu sudah keren.

3. Melakukan hal konyol sebelum presentasi

Melakukan hal-hal konyol sebelum presentasi dapat membuat kamu lebih tenang dan santai, sehingga itu dapat menghilangkan rasa gugup di depan umum. Kamu bisa bergoyang-goyang, bernyanyi, atau melakukan hal konyol lainnya sebelum melakukan presentasi. Lakukan hal ini di ruangan yang tertutup dan nyaman bagi kamu.

Jika kamu malu untuk melakukannya, kamu bisa melakukan hal-hal yang positif seperti melakukan afirmasi positif di hadapan cermin dan mengatakan “Saya bisa, saya tidak gugup, saya luar biasa” berkali-kali. Hal ini memang terlihat konyol, tetapi bagi sebagian orang dapat mengurangi rasa gugup mereka.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan dalam waktu 5 menit sebelum presentasi. Tentunya, hal yang paling penting dari semua itu adalah mempersiapkan materi presentasi dengan matang dan baik, termasuk desain slide presentasi kamu. Jika kamu butuh konsultasi atau jasa pembuatan presentasi cepat, hubungi tokopresentasi.com.

 

Bila Anda ingin tahu lebih banyak mengenai desain presentasi dan tips membuat presentasi yang powerful silahkan ikuti Workshop dan Training Presentasi dari Tokopresentasi.com,

Website: www.tokopresentasi.com

Email: info@tokopresentasi.com

Phone: 0812 8905 030 / 0812 8816 5156

BBM: 5795FBDD