Pada umumnya, saat membuat slide presentasi seringkali kita terjebak dalam permainan kombinasi warna yang kurang menarik dan mengurangi estetika desain. Hal ini bisa jadi dikarenakan kombinasi warna yang tidak sesuai, terlalu banyak warna atau bahkan warna yang kurang kontras dan menutupi pesan yang ingin disampaikan. Kombinasi warna terkesan gampang-gampang susah, tapi ada loh tips yang layak dicoba.

Berikut tokopresentasi.com merangkum 3 tips memilih kombinasi warna yang handal untuk slide presentasi anda agar memiliki nilai estetika tinggi.

  1. Warna sesuai Corporate Identity

Memilih dan mengkombinasikan warna dengan merujuk pada corporate Identity. Bisa berupa logo korporasi tersebut, atau dari warna-warna yang sudah menjadi ciri khas korporat atau lembaga itu sendiri.

tokopresentasi.com 3 tips memilih kombinasi warna slide presentasi logo bi

bi.go.id

Mari kita ambil contoh, Bank Indonesia. Logo BI diperlihatkan dengan tipografi dan warna biru tua di logo dan putih pada latar. Maka, alangkah baiknya ketika membuat sebuah desain presentasi atau desain tertentu bisa memakai warna biru tua dan putih sebagai latar atau sebaliknya.

Selain itu, warna corporate identity dapat membantu anda untuk memilih turunan warna yang sesuai dengan branding anda, melalui kombinasi warna monochrome atau analog.

  1. Warna sesuai tema presentasi

Pastinya ketika hendak membuat slide presentasi, Anda sudah diberitahu apa tema atau kalo belum Anda akan memikirkan tema awalnya. Ketika tema sudah ditetapkan, maka untuk memilih warna bisa dipadukan dengan tema tersebut.

Contohnya, ketika Anda ingin membuat slide presentasi yang ingin menyampaikan bahwa pemanasan global itu benar-benar terjadi, maka warna yang pas adalah merah dan hijau atau biru.

Merah menggambarkan panas dan hijau atau biru menggambarkan bumi atau lingkungan pepohonan. Dari semua tema akan ada warna khas dirujuk dari tema tersebut. Maka, langkah mudah mengkombinasikan warna adalah dari tema yang sudah ditetapkan.

  1. Warna sesuai mood/feeling yang ingin disampaikan kepada audiens

Tidak ada salahnya jika meggunakan perasaan dan insting dalam mengkombinasikan warna. Buktinya banyak desainer melakukan hal ini. Memilih warna sesuai mood dan feeling seakan memberikan gambaran jika beberapa warna dikombinasikan akan pas atau tidak. Dan biasanya, insting itu menempatkan kita pada perspektif orang yang akan melihat desain ini.

Terlebih lagi, banyak warna yang memang diasosiasikan dengan mood dan feeling. Contohnya warna merah dengan mood yang kuat, berani. Ada juga putih yang menggambarkan suci dan jernih.

Semoga ketiga tips di atas dapat membantu anda dalam mengkombinasikan warna slide presentasi anda.

Bila Anda ingin tahu lebih banyak mengenai desain presentasi dan tips membuat presentasi yang powerful silahkan ikuti workshop Powerful Point dari Tokopresentasi.com, dim

Untuk pendaftaran workshop Powerful Point, klik di sini

Jadwal public class selama tahun 2017, klik di sini

Website: www.tokopresentasi.com

Email: info@tokopresentasi.com

Phone: 0812 8905 030 / 0812 8816 5156

BBM: 5795FBDD