Ketika mengkonversi slide presentasi ke video, ada baiknya ada mengetahui untuk apa presentasi video ini dibuat. Ini berkaitan dengan pengaturan dan kustomisasi durasi animasi pada setiap slide. Di bawah ini, tokopresentasi.com akan membagikan 3 tips rahasia mengatur konversi powerpoint menjadi video

Berikut penjelasannya:

  1. Pengaturan video quality

Fitur pengaturan video dalam menu Export ini masih sangat terbatas.  Untuk kualitas video Anda akan diberikan 3 pilihan :

  • Presentation Quality
    Merupakan hasil video dengan ukuran besar dengan kualitas terbaik yang dapat dihasilkan oleh PowerPoint 2013. Dengan memilih Presentation Quality Anda dapat membuat video dengan resolusi 1920 x 1080 pixel.
  • Internet Quality
    Merupakan hasil video dengan ukuran sedang dengan kualitas normal yang dihasilkan oleh PowerPoint 2013. Dengan memilih Internet Quality Anda dapat membuat video dengan resolusi 1280 x 720 pixel.
  • Low Quality
    Merupakan hasil video dengan ukuran kecil dengan kualitas terendah yang dapat dihasilkan oleh PowerPoint 2013. Dengan memilih Low Quality Anda dapat membuat video dengan resolusi 852 x 480 pixel.

tokopresentasi.com tutorial konversi powerpoint ke video 7

Semakin besar resolusi, maka semakin besar penyimpanan drive yang digunakan. Namun, ini tentu proporsional dengan hasil video yang dihasilkan.

  1. Atur waktu pada setiap slides

Langkah selanjutnya adalah mengatur berapa lama setiap slide dalam presentasi akan berjalan dalam video Anda. Caranya dengan mengubah angka pada “Seconds spent on each slide”. Anda bisa juga memilih fitur rekomendasi dari PowerPoint nya sendiri yang akan mengacu pada animasi dan dan slide transisi yang sudah Anda atur sebelumnya.

tokopresentasi.com tutorial konversi powerpoint ke video 8 (1)

  1. Mulai membuat video Anda

Setelah Anda selesai mengatur spesifikasi video Anda, klik Create video, rename file Anda, lalu tentukan format yang ingin Anda gunakan (untuk sementara ini hanya tersedia .mp4 dan wmv) setelah selesai klik save.

Klik Create Video

tokopresentasi.com tutorial konversi powerpoint ke video 2

 

Ketikkan nama video yang diinginkan

tokopresentasi.com tutorial konversi powerpoint ke video 3

 

Pilih tipe video

tokopresentasi.com tutorial konversi powerpoint ke video 4

 

Klik save

tokopresentasi.com tutorial konversi powerpoint ke video 5

 

Pantau progress konversi video

tokopresentasi.com tutorial konversi powerpoint ke video 6

Demikianlah cara mudah membuat video presentasi melalui Microsoft Office PowerPoint 2013. Dengan cara ini Anda juga bisa membuat video slideshow, video iklan, video pembelajaran dan video lainnya.

Bila Anda ingin tahu lebih banyak mengenai desain presentasi silahkan ikuti workshop Powerful Point dari Tokopresentasi.com, dimana kami akan memberikan banyak tips-tips rahasia dan memberikan kesempatan Anda untuk mempelajarinya secara langsung.

Untuk pendaftaran workshop Powerful Point, klik di sini

Jadwal public class selama tahun 2017, klik di sini

Website: www.tokopresentasi.com

Email: info@tokopresentasi.com

Phone: 0812 8905 030 / 0812 8816 5156

BBM: 5795FBDD