Semua orang yang tertarik pada perkembangan teknologi pasti mengenal Steve Jobs. Seorang revolusioner industri teknologi komputer yang sudah tidak dipertanyakan lagi kemampuannya. Produk-produk yang diluncurkan oleh Apple selalu menjadi perbincangan jagat raya dan selalu ditunggu-tunggu. Dalam dunia presentasi, Peluncuran produk Apple dalam tiga dekade terakhir, selalu menyampaikan presentasi bisnis terbaik di dunia. Semua presenter menjadikan presentasi Apple sebagai acuan.

Lalu, bagaimana membuat presentasi kita menjadi hebat, dan selalu ditunggu-tunggu oleh audiens?

Dilansir dari prezi.com, ada 4 Hal Pembelajaran Presentasi Penting dari Steve Jobs yang dapat kita pelajari untuk menyampaikan presentasi yang gemilang dan memberikan kesan yang tak terlupakan bagi audiens. Simak keempat poin berikut di bawah ini.

1. Pastikan poin yang disampaikan ditampilkan secara simpel, dan mudah di-tweet

Hal yang paling bisa dibedakan dalam presentasi yang dilakukan oleh Steve Jobs dan presenter lain adalah, Steve selalu menampilkan poin dengan simpel, elegan, dan singkat. Poin yang disampaikan jelas, dan menarik yang tentu saja mudah diingat oleh semua yang mendengarkan. Kebanyakan dari poin yang ditampilkan tidak melebihi dari 140 karakter didalam tajuk utama. Seringkali tak ada penjelasan apapun yang ditulis di media yang digunakan dia. Sehingga, semua yang mendengarkan, melihat, menonton dan menghadiri presentasinya secara langsung dapat dengan mudah mentwit dan membagikannya ke media sosial.

2. Selalu manjakan audiens dengan visualisasi.

Steve selalu menyampaikan presentasinya dengan tajuk utama yang simpel dan visualisasi yang gemilang. Saat Steve Jobs meluncurkan Apple Macbook Air tahun 2008, dia memvisualisasikan bagaimana tipisnya laptop itu dengan memasukannya kedalam amplop coklat yang bisa digunakan untuk dokumen beberapa lembar. Cara ini sukses membuat semua audiens nya terpana dan mengundan riuhan apresiasi sejagat raya.

3. Selalu siap menghadapi hal yang tak terduga

Semua rencana pasti tidak 100% berjalan sesuai dengan apa yang kita rencanakan. Sama halnya dalam menyampaikan presentasi. Banyak sekali hal yang terduga yang bisa terjadi. Secara teknis ataupun materi yang bisa saja menjauh dari apa yang kita rencanakan. Kehebatan Steve Jobs dalam menghadapi hal yang berjalan tak sesuai rencana adalah mengkaitkan dengan pengalaman pribadi dia. Dia selalu menyiapkan cadangan anekdot ketika kru dibelakangnya sedang memperbaiki kesalahan itu.

Jadilah penghibur sejenak daripada menampilkan wajah kecewa karena hal tidak berjalan sesuai dengan rencana. Dan cerita lucu atau pengalaman pribadi adalah langkah yang bisa menjadi paling efektif untuk dicoba.

4. Rencanakan “klimaks” dari presentasinya.

Kelebihan dari Steve Jobs adalah tahu apa yang dipikirkan dan dirasakan oleh audiensnya.

 

Anda  wajib melihat video ini untuk mempelajari bagaimana Steve Jobs menampilkan klimaks dan inti poin dari presentasinya yang membuat audiens riuh dan bertepuk tangan menyalutkan apresiasi yang tak terhingga. Berikan sesuatu yang tidak terduga dan membuat audiens terus berteriak ‘wow’ didalam penyampaian presentasi Anda. Dan hal itu sudah pasti gemilang dan membuat audiens Anda antusias untuk menunggu presentasi selanjutnya.

Semoga keempat hal di atas dapat membantu anda meningkatkan kualitas presentasi anda.

Bila Anda ingin tahu lebih banyak mengenai desain presentasi dan tips membuat presentasi yang powerful silahkan ikuti workshop Powerful Point dari Tokopresentasi.com, dim

Untuk pendaftaran workshop Powerful Point, klik di sini

Jadwal public class selama tahun 2017, klik di sini

Website: www.tokopresentasi.com

Email: info@tokopresentasi.com

Phone: 0812 8905 030 / 0812 8816 5156

BBM: 5795FBDD