Pada kesempatan kali ini, tokopresentasi akan berbagi tentang 5 hal yang tidak boleh dilakukan saat presentasi

Banyak sekali presenter yang tidak menyadari bahwa presentasinya membuat audiens kurang tertarik dan bahkan malas untuk mendengarkan. Tak jarang terjadi, beberapa presenter terus menerus berbicara tanpa melihat perspektif dari audiensnya, atau ada pula presenter yang hanya terus membaca konten dari media yang digunakan tanpa mengevaluasi keefektifannya.

Berikut 5 hal yang tidak boleh dilakukan saat presentasi.

  1. Membaca Slide

Seringkali kita menemukan presenter yang hanya terpaku pada teks di dalam slide nya. Akibatnya, presenter hanya menyampaikan apa yang sudah tertulis di dalam slide presentasi dan audiens sudah membaca apa yang presenter akan jelaskan tanpa ada informasi tambahan secara verbal. Dengan metode presentasi seperti ini, audiens akan sepenuhnya merasa bosan dan kehilangan ketertarikan kepada materi yang disampaikan.

Oleh karena itu, sebagai presenter, jangan sampai terpaku dengan slide dan bacaannya, tapi ciptakanlah interaksi dari setiap slide. Bisa dengan berbentuk pertanyaan, atau sekedar memastikan efektifitas dari gesture audiens. Presenter yang baik akan sadar ketika audiensnya sudah mulai suntuk dan mampu melakukan improvisasi untuk .

  1. Merencanakan gesture dan bersikap tidak fleksibel

Gesture adalah bahasa tubuh yang mendukung untuk menyampaikan sebuah pesan. Karena terbukti ampuh, kadang presenter merencanakan gesture untuk beberapa poin pesannya. Namun pada beberapa kasus, gesture yang direncanakan malah membuat berantakan, karena terkesan dipaksakan. Oleh karena itu, dibutuhkan sikap fleksibel agar presentasi yang diberikan terkesan mengalir dan tidak dipaksakan.

Seringkali, gesture yang tak terencanakan malah membuat cair dan berhasil. Untuk itu, pada saat merencanakan gesture presentasi sebaiknya diiringi dengan plan cadangan dan presenter perlu bersikap fleksibel agar presentasi tidak terkesan dipaksakan.

  1. Mengatakan ‘maaf’ kepada audience

Meminta maaf karena sadar presenter membuat kesalahan itu sudah wajib, mengingat profesionalitas akan terlihat dari sikap ini. Tapi, jangan pernah katakan maaf ketika presenter terlihat tidak kompeten atau hanya ingin terlihat ramah oleh audience. Ketika deg-degan, atau kurang persiapan adalah haram untuk mengatakan maaf. Audience tidak bisa mendeteksi rasa gugup kita, oleh karena itu, bersikaplah natural dan lanjutkanlah presentasi yang anda lakukan.

  1. Mengubah PowerPoint menjadi PowerSentence

Ada kaitannya dengan poin nomor satu, yakni dimana presenter terpaku untuk terus membaca kalimat-kalimat di dalam slide presentasi. Hal ini dikarenakan presenter menggunakan media seperti powerpoint, prezi, sway dan lainnya dengan menuliskan kalimat-kalimat yang panjang dibanding dengan poin yang ditampilkan secara simpel dan efektif.

Jangan mengubah PowerPoint menjadi PowerSentence, karena itu sudah merubah hakikatnya powerpoint yang berguna untuk menyampaikan poin-poin presentasi kita secara efektif.

Jadi perhatikan kalimat di slide yang digunakan, sangat tidak dianjurkan untuk menaruh kalimat-kalimat yang panjang karena sudah pasti membunuh ketertarikan dan rasa penasaran audiens terhadap presentasi yang disampaikan.

 

  1. Bergumam “Uh”, “Ah”, “Hmmm”, “Mmmm”

Pada saat anda ngeblank, gugup, ragu-ragu, atau bingung, sangat manusiawi ketika presenter mengganti jeda dengan gumam ‘ah’ atau ‘uh’. Tentunya ini meninggalkan kesan buruk jika terlalu sering disampaikan oleh presenter. Ironisnya lagi, banyak presenter yang tak menyadari mereka bergumam seperti ini. Mulailah untuk menyadari ini dan mengganti setiap jeda dengan menarik nafas panjang. Tahan napas ini dan coba tenangkan dan melanjutkan presentasinya dengan tenang.

Sedikit tips dari tokopresentasi.com bagi presenter yang tidak sadar menggunakan filler “ah” ,“uh” dsb, sebaiknya presenter melakukan presentasi sambil menggunakan recorder. Pada saat selesai latihan presentasi, presenter dapat mengevaluasi hasil rekaman latihannya dan memperbaiki apa yang sekiranya kurang dikuasai di latihan berikutnya.

Bila Anda ingin tahu lebih banyak mengenai desain presentasi dan tips membuat presentasi yang powerful silahkan ikuti workshop Powerful Point dari Tokopresentasi.com, dim

Untuk pendaftaran workshop Powerful Point, klik di sini

Jadwal public class selama tahun 2017, klik di sini

Website: www.tokopresentasi.com

Email: info@tokopresentasi.com

Phone: 0812 8905 030 / 0812 8816 5156

BBM: 5795FBDD