Hiruk pikuk dunia mahasiswa tak lepas dari laporan penelitian, dan kegiatan ekstrakulikuler yang mengharuskan mereka mencari dana untuk membiayainya. Sadarkah Anda bahwa itu semua memerlukan presentasi yang menarik untuk mencapai hasil yang di inginkan.

Masih betah dengan presentasi yang pas-pas an?

Ketika Anda mengikuti suatu seminar, kuliah umum, atau acara yang menghadirkan satu pembicara, Anda pasti bisa merasakan perbedaan demi perbedaan dari setiap pembicara yang Anda temui.

Ketika memutuskan untuk merencanakan presentasi yang hebat, semua presenter, atau pembicaraan pasti menyarankan hal yang sama.

  1. Karakter original

Jika Anda adalah mahasiswa yang mempunyai karakter tersendiri, jangan takut untuk menunjukannya saat presentasi. Anda periang, lucu, tegas, atau karakter, pintar, atau bahkan sebaliknya, tunjukan itu. Tunjukan Anda yang sebenarnya, karakter sesungguhnya, gaya khas Anda.

 

  1. Kejutkan Audiens dengan Visualisasi

Kebanyakan dari Audiens Anda adalah orang-orang teoritis yang sangat jenius. Dosen, professor, akademisi, praktisi dan lainnya. Menampilkan banyak animasi dalam bentuk video ataupun desain Powerpoint membuat Anda akan dikagumi banyak audiens Anda.

Anda bukan anak animasi atau desain visual? Tidak perlu khawatir, Anda dapat menggunakan software gratis di Powtoon, Template gratis yang tematik di Tokopresentasi, atau memakai Prezi dan lain sebagainnya.

 

  1. Improvisasi

Dalam hal akademis, memang terkesan harus memiliki data yang actual dan kredibel. Oleh karena itu, sebagai Mahasiswa, Anda dituntut untuk tidak memberikan data yang kurang tepat. Hal ini bisa membuat Anda selalu terpaku kepada slides atau media lain yang Anda gunakan.

Improvisasi bukan berarti harus mengubah data atau isi, namun mengurangi ketergantungan Anda pada slides atau media lainnya. Anda sebagai mahasiswa tentu pernah menyaksikan bagaimana Steve Jobs melakukan presentasi saat peluncuran produk terbaru. Amati bagaimana dia menggunakan slides.

Esensi dari menggunakan slides adalah menuliskan kata kunci, bukan deskripsi. Oleh karena itu, improvisasi adalah perkara wajib untuk dikuasai saat presentasi untuk mencapai hasil yang maksimal.

 

  1. Bercerita

Berkaitan dengan poin selanjutnya, bercerita menjadi satu poin penting yang harus ada dalam presentasi. Dalam konversasi, kita mendengarkan cerita orang lain karena ingin terkoneksi dengan mereka. Begitupun sebaliknya, bercerita dapat membuat audiens menjadi terkoneksi dengan kita. Dengan kata lain, jalan pikirannya akan sama.

Bercerita juga dapat meningkatkan kepercayaan yang dibangun antara Anda dan audiens. Apalagi jika Anda menyisipkan cerita personal yang mengandung rasa emosional yang kuat. Bisa cerita lucu, memalukan, terharu, sampai sedih. Disana lah Anda bisa membawa audiens ke dalam dunia Anda.

 

  1. Bangga

Ketika presentasi, Anda mungkin hanya seorang mahasiswa yang biasa-biasa saja. Audiens Anda adalah akademisi, professor, bahkan praktisi yang sudah lama bergelut di bidang yang Anda presentasikan. Meskipun begitu, Anda sudah memutuskan memilih topik di bidang itu, mengorganisirnya, dan mempresentasikannya. Tidak ada lagi yang harus dipikirkan selain membanggakan itu.

Berbanggalah, jika saat presentasi audiens Anda menanyakan sesuatu yang tidak bisa Anda jawab, atau mengetahui jika ada data yang salah, silahkan meminta maaf yang seharusnya. Bukan hanya itu, seorang akademisi, akan selalu menanggapi yang diakhiri dengan rekomendasi. Saat itu, Anda apresiasi itu dan sampaikan beberapa pujian yang tulus.

Kuat tapi tetap merendah, lantang tetapi tetap terpandang, itulah yang harus mahasiswa pegang saat berpresentasi.

Bila Anda ingin tahu lebih banyak mengenai desain presentasi dan tips membuat presentasi yang powerful silahkan ikuti Workshop dan Training Presentasi dari Tokopresentasi.com, dim

Untuk pendaftaran workshop dan Training Presentasi, klik di sini

Jadwal public class selama tahun 2017, klik di sini

Website: www.tokopresentasi.com

Email: info@tokopresentasi.com

Phone: 0812 8905 030 / 0812 8816 5156

BBM: 5795FBDD