Melakukan kesalahan dalam menyampaikan presentasi sama halnya ditakut-takuti oleh rasa bersalah yang terus terngiang-ngiang meskipun presentasi telah usai. Sebaliknya, keberhasilan menyampaikan presentasi membuat semua terasa longgar dan memuaskan.

Beberapa orang berpendapat jika presentasi cukup bermodalkan kepercayaan diri saja. Apakah akan terus berhasil dengan bermodalkan kepercayaan diri saja? Nampaknya kepercayaan diri saja masih kurang agar kita berhasil menyampaikan presentasi dengan baik. Kemampuan menyampaikan ide dalam presentasi yang terus menerus diasah melalui latihan dapat membantu presentasi anda berjalan lancar.

Di bawah ini, tokopresentasi.com berbagi 5 kunci rahasia untuk menyampaikan presentasi yang hebat. Semoga kelima tips berikut bermanfaat bagi pembaca.

  1. Rangkum materi menjadi 15 kata

Disebut hukum 15 kata, teknik ini bisa membuat otak anda menggenggam inti poin yang akan dibicarakan. Gunanya adalah ketika ditengah-tengah penyampaian sudah mulai melenceng atau out of topic, dengan mudahnya anda bisa membawa perhatian audiens kembali ke topik presentasi. Dengan begitu, anda bisa menyampaikan semua pesan yang ingin disampaikan tapi berpegang erat dengan 15 kata inti yang harus tersampaikan kepada audiens anda.

  1. Teknik 10-20-30

Jika presentasi anda menggunakan media seperti PowerPoint, Prezi, Sway atau sebagainya, teknik ini bisa membantu anda untuk berhasil. Belajar dari Guy Kawasaki, teknik ini tidak melibatkan lebih dari 10 slides, setiap slides tidak menghabiskan waktu lebih dari 20 menit, dan karakter font tidak berukuran kurang dari 30 point.

  1. Jaga kontak mata

Menyampaikan pesan apapun, ketika mata dan kepala anda tak memandang audiens, besar kemungkinan pesan yang diutarakan tidak tersampaikan secara menyeluruh. Dengan menjaga kontak mata dengan audiens, anda dapat melihat preubahan ekspresi audiens selama presentasi berlangsung. Hal ini menyelamatkan anda ketika presentasi yang anda berikan mulai membuat audiens jenuh, bosan atau audiens tidak setuju dengan pesan yang anda sampaikan. Dengan mendeteksi ekspresi audiens sejak dini, anda dapat memberikan ice breaking, mengubah gaya bicara, atau melihat apakah ada yang salah dari gaya presentasi anda. Selain itu, dengan menjaga kontak mata kita dengan audiens, mereka akan merasa dihargai oleh anda dan sebaliknya.

  1. Jadilah penghibur ‘sejenak’

Presentasi yang menghibur sudah pasti menarik dan mendapatkan apresiasi. Menjadi penghibur tak harus memakai kostum badut atau memaksakan melakukan komedi tunggal yang ujung-ujungnya garing. Menjadi ‘penghibur’ disini bisa saja dengan memperlihatkan video lucu di awal, tengah, atau akhir presentasi. Atau mengundang audiens untuk bergabung secara interaktif dengan menampilkan sesuatu seperti menyanyi, atau berkomedi. Banyak cara untuk menghibur tanpa mempermalukan diri sendiri.

  1. Bersenang-senanglah

Sebelum, selagi, dan sesudah berpresentasi, jangan pernah memikirkan ketakutan atau kekhawatiran yang akut. Terdengar tidak mungkin, tapi mencoba tidak akan pernah salah. Sedikit sifat antusias disemua momen berpresentasi bisa mengantarkan anda untuk setidaknya senang dan puas. Berantusiaslah untuk bersenang-senang.

Bila Anda ingin tahu lebih banyak mengenai desain presentasi dan tips membuat presentasi yang powerful silahkan ikuti workshop Powerful Point dari Tokopresentasi.com, dim

Untuk pendaftaran workshop Powerful Point, klik di sini

Jadwal public class selama tahun 2017, klik di sini

Website: www.tokopresentasi.com

Email: info@tokopresentasi.com

Phone: 0812 8905 030 / 0812 8816 5156

BBM: 5795FBDD