Butuh waktu yang tidak sebentar untuk mengembangkan satu presentasi yang Anda sampaikan. Bisa saja rencana Anda yang sudah matang pun tidak sepenuhnya berhasil di mata audiens. Untuk mengurangi celah untuk gagal berpresentasi, Anda harus tetap teguh memegang 5 Prinsip yang Bisa Meningkatkan Kualitas Presentasi Anda dengan Cepat di bawah ini.

1. Prinsip 30pt

Perlu Anda ketahui, audiens tidak mempunyai penglihatan yang super. Apalagi jika Anda menyampaikan presentasi ke orang banyak. Akan susah jika Anda hanya menampilkan tulisan yang sedang atau bahkan kecil. Nah untuk itu, ketika menggunakan teks di slide Anda, pastikan TIDAK lebih kecil dari 30 pt ukuran fontnya.

2. Batas waktu, bukan Slide

Pada saat anda akan melakukan presentasi, anda akan diberikan batasan berupa durasi presentasi. Jika ada batasan berupa jumlah slide, biasanya akan disandingkan dengan durasi presentasi yang diizinkan.

Pastikan anda melakukan latihan terlebih dahulu, karena sebenarnya jumlah slide tidak akan mempengaruhi cepat atau lambatnya anda menyampaikan suatu presentasi. Kecepatan presentasi anda bergantung kepada bagaimana anda menceritakan slide presentasi anda.

Pelajari strategi komunikasi yang tepat untuk presentasi anda. Jumlah slide yang banyak pun akan dapat anda sampaikan dengan efektif jika menggunakan strategi komunikasi yang tepat. Anda dapat mempelajari strategi komunikasi dan perencanaan slide anda di Training Creative Storyboarding dari tokopresentasi.com.

Dengan memahami strategi komunikasi dengan baik, anda dapat mengontrol durasi presentasi anda. Sehingga anda dapat menyampaikan materi melalui visual yang menarik dan penjelasan verbal dengan efektif dalam waktu yang singkat.

3. Bercerita

Ini yang harus digaris bawahi, sebagai presenter pekerjaan Anda adalah untuk bercerita. Pastikan presentasi Anda, baik slides ataupun bicara anda, saling singkron untuk menceritakan cerita yang jelas. Secara teknis, itu harus berisi elemen seperti apa konfliknya dan humor. Audiens pun akan merasakan sesuatu yang beda jika Anda mengubah bicara anda menjadi sebuah cerita.

4. Satu pesan per slide

Presentasi memberikan Anda kesempatan untuk menyampaikan cerita anda dan pesan dari sebuah presentasi. Jika satu slide mengandung beberapa poin atau pesan inti, akan terlalu banyak pesan yang anda sampaikan dalam satu waktu. Anda akan berlama-lama berada di satu slide dan bercerita panjang lebar yang bisa menyebabkan Anda kehilangan perhatian audiens. oleh karena itu, ketika anda menyiapkan slide presentasi, pastikan anda hanya mengkomunikasikan satu pesan inti per slide.

5. Jangan menggunakan Bullet-Point

Audiens Anda bisa membaca slide lebih cepat daripada Anda yang membacanya sendiri. Menggunakan bullet-point bisa menghancurkan presentasi anda. Karena anda menghapus peran anda sebagai pembicara dan mengurangi esensi dan sesi dalam menjelaskannya secara perlahan dan lantang. Tak bisa dipungkiri, bullet-poin ini bisa efektif dalam dokumen, namun jika ditampilkan dalam presentasi, akan membuat presentasi anda membosankan.

Gunakanlah 5 prinsip ini agar anda dapat meningkatkan kualitas presentasi Anda dalam waktu singkat.

Bila Anda ingin tahu lebih banyak mengenai desain presentasi dan tips membuat presentasi yang powerful silahkan ikuti workshop Powerful Point dari Tokopresentasi.com

Untuk pendaftaran workshop Powerful Point, klik di sini

Jadwal public class selama tahun 2017, klik di sini

Website: www.tokopresentasi.com

Email: info@tokopresentasi.com

Phone: 0812 8905 030 / 0812 8816 5156

BBM: 5795FBDD