Hebatnya visualisasi media seperti powerpoint, prezi dan yang lainnya tidak akan berguna ketika presenter sendiri tidak berhasil menyampaikan pesan dari presentasi itu sendiri.

Banyak sekali yang mempunyai desain hebat presentasi tapi malah terjebak kedalam kegagalan yang bahkan sudah tersirat didalam pikiran sebelum berpresentasi. Kemampuan berbicara didepan umum kadang tidak bisa didapatkan secara instan.

Berikut 5 tips fundamental untuk public speaking bagi Anda untuk meningkatkan kemampuan Berbicara dilansir dari laman Toastmaster.org.

1. Kuasai subjek presentasi

Hal yang terbaik untuk memulai mengalahkan rasa gugup atau takut gagal adalah dengan menguasai apa yang akan dibicarakan dan pesan apa yang ingin disampaikan. Contohnya, ketika Anda diminta untuk berbicara mengenai apa Klub sepakbola yang digemari, maka kuasai materi dengan mencari sumber dari manapun. Baik dari Online Journal atau browser, dan buku perpustakan.

Setelah menguasai topik, selanjutnya adalah menguasai presentasi. Seringkali presentasi dibantu dengan visual yang dibantu oleh media seperti PowerPoint, Prezi dan sebagainya. Hal yang tak kalah pentingnya untuk dikuasai.

Hal yang paling krusial adalah memperbanyak Rehearsal untuk mengkombinasikan subjek dan juga media presentasi. Latih secara berulang-ulang di bagian yang memang belum dikuasai sampai bagian itu mudah dan dapat ditangani.

2. Ketahui siapa pendengar dan latar presentasi

Mengetahui siapa yang akan mendengar presentasi Anda tidak kalah penting dengan menguasai subjeknya. Lebih baik lagi jika mengetahui mayoritas siapa yang mendengarkan, geografi, ketertarikan dan sebagainya. Sehingga, Anda bisa menyesuaikan dan menyiapkan segalanya untuk meminimalisir kegagalan dalam menyampaikan pesan.

Selanjutnya adalah latar presentasi. Anda tidak akan bisa mengantisipasi kesalahan apabila tidak tahu tempat yang akan digunakan. Contohnya ketika Anda sudah menyiapkan presentasi dan PowerPointnya, namun pas di tempat dan latar tidak menyiapkan layar dan proyektornya, maka kemungkinan besar hasil tidak memuaskan dari yang seharusnya.

3. Jangan Meminta Maaf

Jika ada kesalahan minor, atau ada poin yang terlewat dari sekuensnya, jangan khawatir lalu mengacaukan segalanya. Kadangkala, ketika kesalahan minor, seorang presenter bisa ditakut-takuti sehingga rasa gugup kembali menghantui. Tenang saja, jika ada kesalahan, jangan pernah menunjukannya dengan cara meminta maaf.

Audiens selalu mengharapkan dan akan terus mendengarkan ketika kita terus berbicara tanpa menunjukan bahwa ada yang salah disana. Terus berbicara dan lambat laun Anda bisa menutupi kesalahan itu dan kembali ke trak menyampaikan pesan.

4. Bayangkan Anda membawakan Presentasi yang hebat

Salah satu jalan yang terbaik untuk sukses berawal dari memvisualisasikannya. Alokasikan sedikit waktu untuk membayangkan presentasi yang seperti apa dan pesan apa yang akan disampaikan. Tak lupa bahasa tubuh atau gestur yang sejalan sehingga bisa tersambung dengan audiens Anda.

Bagaimana keriuhan tepuk tangan, apresiasi dan rasa bangga ketika Anda sukses membawakan presentasi dan poin yang luar biasa. Mulailah merasakan indahnya sukses dengan hanya memvisualisasikan itu.

5. Fokus terhadap pesan yang disampaikan, bukan Anda

Banyak yang gagal sebagai pembicara pemula karena sepenuhnya mereka fokus terhadap diri mereka sendiri bukan kepada pesan penting yang ingin disampaikan. Ketika satu kesalahan dilakukan, fokus terhadap pesan agar kembali ke trak. Jangan memikirkan diri sendiri karena itu adalah awal Anda mengalami rasa gugup dan pesimisme dalam melanjutkannya.

Berbicara dengan passion, antusias, dan keinginan untuk sukses. Maka, pesan dan keberhasilan presentasi akan mengikuti dari belakang.

Bila Anda ingin tahu lebih banyak mengenai desain presentasi dan tips membuat presentasi yang powerful silahkan ikuti workshop Powerful Point dari Tokopresentasi.com, dim

Untuk pendaftaran workshop Powerful Point, klik di sini

Jadwal public class selama tahun 2017, klik di sini

Website: www.tokopresentasi.com

Email: info@tokopresentasi.com

Phone: 0812 8905 030 / 0812 8816 5156

BBM: 5795FBDD