Infografis dianggap efektif dalam hal penyajian data. Mengingat hampir seluruh individu di dunia ini menyukai sesuatu yang berwujud visual atau grafis. Mengapa? Karena sebuah visualisasi yang mewakili isi pesan dapat dengan mudah dicerna dan dipahami oleh audiens.

Kalian bisa membuatnya dengan memperhatikan beberapa tips di bawah ini.

1. Pesan disampaikan dengan jelas

Salah satu yang terpenting adalah kejelasan isi pesan. Dalam membuat infografis, tentukan dahulu topik yang akan diambil. Kategorikan topik tersebut secara spesifik dan kumpulkan data-data terkait, sehingga memudahkan dalam mengolahnya dalam bentuk grafis. Jangan sampai infografis yang kamu buat malah menjadi ‘sampah’ bagi para audiens.

2. Visualisasi membantu pemahaman

Gunakan visualisasi yang mudah dimengerti. Visualisasi tersebut bisa berupa simbol, diagram, dan lain sebagainya. Apapun dapat digunakan, namun harus tetap mewakili isi pesan yang hendak disampaikan. Mengingat tujuan infografis itu sendiri adalah memudahkan audiens dalam memahami pesan.

3. Teks terbaca dengan jelas

Perhatikan ukuran teks. Jangan terlalu kecil dan juga terlalu besar, yang penting bisa terbaca dengan jelas. Pilih font yang sederhana saja. Lebih baik hindari penggunaan font script karena hanya akan memusingkan audiens. Bukannya mengerti, justru malah membuat pusing.

4. Konten yang singkat dan informatif

Usahakan konten yang disajikan tidak berlebihan. Gunakan salah satu apakah itu teks atau gambar, untuk mewakili suatu pesan. Jangan menggunakan dua-duanya karena sangat tidak efektif dan efisien. Selain untuk menghemat ruang, penggunaan visualisasi yang efisien juga tidak akan memusingkan audiens. Namun, yang perlu diingat adalah konten harus bersifat informatif.

5. Judul yang menarik

Pilihlah judul yang memikat. Secara tidak langsung, judul menjadi salah satu poin utama yang pertama kali dilihat dan menjadi perhatian audiens. Walaupun materi tidak terlalu menarik, kamu bisa mengatasinya dengan membuat judul yang “wow” agar audiens bersedia (setidaknya) melirik dan membaca konten pertama infografis buatanmu.

 

 

Untuk konsultasi perihal presentasi, langsung saja hubungi:

Website: www.tokopresentasi.com

Email: info@tokopresentasi.com

Phone: 0812 8905 030 / 0812 8816 5156

BBM: 5795FBDD