Sebagai seorang presenter, mendapatkan perhatian mungkin serupakan masalah yang sering dihadapi. Mungkin Anda sering bertanya bagaimana saya mendapatkan perhatian dari pelanggan baru? Bagaimana saya mempertahankan perhatian klien yang ada? Bagaimana saya memikat atasan saya? Ini adalah masalah yang sulit dipecahkan, terutama karena sangat sedikit orang yang mengerti bagaimana perhatian pada dasarnya bekerja.

Namun, Guy Kawasaki seorang ahli di bidang marketing memiliki 5 tips untuk mendapatkan perhatian dari klien, audiens, atasan, atau bahkan bisa Anda gunakan untuk pasangan Anda.

1. Berikan Kopi Panas atau Teh Hangat

Studi menunjukkan bahwa ada hunungan signifikan akan sensasi kehangatan yang didapatkan secara fisik dan perasaan hangat di dalam internal seseorang. Dengan kata lain, jika Anda memberi seseorang secangkir kopi atau teh panas, mereka cenderung memiliki perasaan positif terhadap Anda.

2. Gunakan border merah di sekitar gambar profil Anda

Hal ini pernah dibuktikan dalam penggunaan Tinder. Studi menemukan bahwa hanya meletakkan border merah tebal di sekitar gambar profil seseorang dapat meningkatkan ketertarikan orang lain pada orang itu.

3. Jadikan barang yang Anda tawarkan menjadi barang langka

Studi menunjukan orang akan lebih tertarik terhadap sesuatu yang diberikan label langka atau “limited offering.” Menggunakan label langka atau limited produk pada hal yang akan Anda jual akan mempengaruhi perhatian orang lain dan membuat mereka semakin penasaran dengan apa yang Anda tawarkan.

4. Berika hadiah pada saat atau cara yang tidak teduga

Otak manusia diseting untuk memperhatikan sesuatu yang jauh dari ekspektasi. Contoh, berikanlah sesuatu yang berharga kepada orang lain dengan packaging yang jelek atau biasa saja, sehingga orang lain akan berekspektasi lebih rendah daripada hal yang kita berikan.

5. Akhiri dengan cliffhanger

Manusia memiliki sifat untuk menyelesaikan sesuatu dari awal hingga akhir. Manusia sangat tidak nyaman dengan ketidakpastian. Namun untuk perihal mengambil perhatian, jangan takut untuk mengakhiri presentasi atau pidato Anda dengan cliffhanger, karena audiens Anda akan penasaran dan ingin kembali mendengarkan kelanjutannya. Ingat bagaimana Steve Jobs mengakhir presentasinya dengan “one more thing”?

Itulah kelima tips yang bisa kamu gunakan untuk mengambil alih perhatian audiens ala Guy Kawasaki. Jika Anda bisa menggunakan kelima tips ini secara bersamaan maka Anda bisa mendapatkan perhatian lebih dari orang lain. Namun, hal ini hanya akan menjadi sebuah tulisan saja apabila Anda tidak mencobanya.

 

Untuk konsultasi perihal presentasi, langsung saja hubungi:

Website: www.tokopresentasi.com

Email: info@tokopresentasi.com

Phone: 0812 8905 030 / 0812 8816 5156

BBM: 5795FBDD