Pada tahun 2015 lalu, Toko Presentasi berhasil membantu elevenia dalam menyiapkan slide presentasi dalam ajang Contact Center World Asia Pacific dan tim yang didukung oleh Toko Presentasi berhasil membawa pulang silver awards. Selain itu, Toko Presentasi juga berpengalaman membantu klien-klien dari perusahaan dari dalam negeri untuk menghadapi kompetisi serupa.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, Toko Presentasi ingin berbagi tips agar sukses di kompetisi Contact Center World Asia Pacific. Di bawah ini adalah 5 tips sukses presentasi kompetisi Contact Center World Asia Pacific:

1. Siapkan konsep presentasi yang sesuai dengan identitas perusahaan

Ajang kompetisi Contact Center World Asia Pacific merupakan momen yang tepat untuk menunjukkan identitas perusahaan anda. Sebagai contoh, jika perusahaan anda bergerak di bidang perbankan yang cenderung mengutamakan tampilan yang elegan, maka dress code yang digunakan harus elegan menggunakan warna-warna monochrome. Demikian juga dengan desain slide presentasi yang digunakan sebaiknya menggunakan style professional dengan warna-warna yang sesuai dengan logo / mandatory desain dari perusahaan anda.

2. Persiapkan konten presentasi dengan baik

Perhatikan setiap detail dari angka dan kalimat dari slide presentasi anda. Hindari typo dari angka dan huruf yang tercantum dalam slide anda. Typo dalam slide anda dapat menyebabkan konsentrasi anda terganggu saat melakukan presentasi di hadapan audiens dan yang paling buruk adalah dapat mengurangi rasa percaya diri anda.

3. Latihan gesture

Pada saat mempresentasikan sesuatu, yang menjadi perhatian utama adalah anda, sang presenter. Slide presentasi anda akan membantu anda untuk menyampaikan ide dengan baik. Namun sebagus apapun slide presentasi anda, jika anda tidak dapat menyampaikannya dengan percaya diri, maka anda akan sulit menarik perhatian audiens dan membuat mereka tertarik untuk mendengarkan anda.

Audiens akan dengan mudah menangkap anda yang gelisah, gugup, dan kurang percaya diri dari ekspresi wajah anda dan gesture anda saat melakukan presentasi. Oleh karena itu, anda perlu melatih gesture anda saat anda berbicara di atas panggung sehingga anda dapat tampil percaya diri.

 4. Visual yang menarik

Slide presentasi yang kurang menarik akan membuat audiens anda kurang tertarik untuk mengikuti presentasi anda. Berikan visual yang menarik dengan bantuan infografis dan ilustrasi yang sesuai dengan konten presentasi anda. Untuk melihat sampel slide presentasi yang menarik dapat dilihat di link berikut:

Sampel 1

Sampel 2

Sampel 3

5. Berikan opening dan closing yang berkesan

Bagian opening dan closing merupakan momen yang sangat penting dalam sebuah presentasi. Pada opening, anda akan menunjukkan kualitas presentasi anda dan menentukan apakah anda layak untuk didengarkan oleh audiens atau tidak. Klik di sini untuk mendapatkan tips opening yang baik.

Closing yang berkesan akan membuat audiens anda teringat akan anda dan melakukan action lanjutan, salah satunya dengan mem-vote anda sebagai juara kompetisi. Klik di sini untuk mendapatkan tips presentasi yang memorable.

 

Demikian 5 tips sukses presentasi kompetisi Contact Center World Asia Pacific. Jika informasi ini bermanfaat bagi anda, sebarkan informasi ini ke rekan-rekan anda.

 

Ingin membuat infografis, video simulasi, dan slide presentasi dengan desain menarik?

Ingin mengadakan training teknik presentasi khusus persiapan kompetisi Contact Center World Asia Pacific di kantor anda?
Hubungi kami:
Website: www.tokopresentasi.com
Email: info@tokopresentasi.com
Phone: 0812 8816 5156
BBM: 5795FBDD