Presentasi Mutu CIP (Continuous Improvement Program) merupakan salah satu kompetisi yang mewajibkan presenternya untuk tampil kreatif dalam menyampaikan presentasinya. Meskipun diadakan satu tahun satu kali, presentasi mutu CIP ini membutuhkan persiapan yang cukup lama agar presentasi yang dilakukan bisa maksimal.

Toko Presentasi sudah berpengalaman membantu klien kami dalam mempersiapkan presentasi dengan kreatifitas tinggi sejenis CIP, ingin membagikan tips-tips yang dapat digunakan oleh presenter dalam presentasi mutu CIP dalam menyiapkan presentasinya.

1. Persiapkan konten presentasi sebaik mungkin

Presentasi yang baik dan menarik, diawali dengan persiapan materi presentasi yang baik pula. Ciri-ciri konten presentasi yang baik adalah:

– Memiliki ejaan yang benar sesuai dengan bahasa yang digunakan

– Tidak ada typo atau kesalahan penulisan

– Istilah yang digunakan tepat

– Data yang digunakan merupakan data terbaru

– Jika ada foto / gambar, gunakan gambar dengan resolusi yang besar sehingga tidak ada gambar yang buram / kurang jelas

– Ilustrasi yang digunakan sesuai dengan poin presentasi yang diutarakan

Perhatikan konten presentasi anda, pastikan poin-poin di atas sudah terpenuhi.

2. Buat alur presentasi yang menarik

Alur presentasi sangat menentukan apakah presentasi anda menarik untuk didengarkan atau tidak. Jika alur penyampaian konten presentasi sudah diatur secara sistematis, maka tugas anda selanjutnya adalah menyelipkan “cerita” yang mampu membuat audiens anda tertarik untuk mendengarkan presentasi anda.

Cerita yang anda sisipkan, dikemas sedemikian rupa agar memorable (tidak mudah dilupakan oleh audiens). Untuk tips-tips membuat presentasi yang memorable, klik di sini.

3. Sisipkan simulasi

Sisipkan simulasi berupa video maupun animasi di dalam slide presentasi anda agar audiens menangkap maksud anda. Simulasi sangat bermanfaat bagi audiens untuk menangkap maksud yang sama dengan yang anda sampaikan tanpa mengurangi maknanya.

Ini adalah sampel simulasi sederhana yang dibuat oleh Toko Presentasi

4. Infografis

Selain simulasi, anda juga dapat menggunakan infografis yang sesuai dengan konten presentasi anda. Infografis dapat membantu anda dalam menyampaikan data secara visual dengan kemasan yang menarik. Selain itu, jika menggunakan Power Point, anda dapat menganimasikan infografis yang anda sampaikan.

Ini adalah sampel infografis sederhana yang dianimasikan menggunakan PowerPoint karya Toko Presentasi

5. Berikan “surprise effect”

Berikan surprise di sela-sela penyampaian materi sebagai intermezzo presentasi anda. Surprise dapat berupa senam sederhana, video, atau klimaks dari cerita yang anda rangkai saat perencanaan alur presentasi.

6. Pembuka dan Penutup yang berkesan

30 detik pertama dari presentasi sangat menentukan apakah presentasi anda layak untuk didengarkan atau tidak. Untuk teknik rahasia opening yang menarik, klik di sini

Selain pembukaan, dibutuhkan penutup presentasi yang berkesan agar anda mampu memberikan pendekatan persuasif kepada audiens anda. Sebagai contoh, jika anda memberikan presentasi tentang alternatif penggunaan mesin las dengan tujuan akhir mengurangi cost yang dikeluarkan perusahaan, maka di akhir presentasi anda perlu menyampaikan jumlah cost yang mampu dikurangi dan dampak lainnya terhadap lingkungan, karyawan, dsb. Sehingga anda mampu meyakinkan juri, bahwa ide anda memiliki manfaat lain di luar efisiensi dan ide anda layak menjadi juara.

 

Demikian 6 Tips Sukses Presentasi Mutu CIP (Continuous Improvement Program). Jika artikel ini bermanfaat bagi anda, sebarkan artikel ini agar bermanfaat juga bagi orang lain. Mari budayakan berbagi informasi yang baik.

 

Ingin membuat infografis, video simulasi, dan slide presentasi dengan desain menarik?

Ingin mengadakan training teknik presentasi khusus persiapan presentasi mutu CIP di kantor anda?
Hubungi kami:
Website: www.tokopresentasi.com
Email: info@tokopresentasi.com
Phone: 0812 8816 5156
BBM: 5795FBDD