Apakah Anda pernah mengalami ketika melakukan presentasi, aura audiens mulai menampakan kebosanan mendengarkan dan melihat presentasi Anda? Apalagi ketika Anda sajikan angka, tabel, dan data yang sangat ruwet, tapi Anda pun tak punya pilihan karena data itu sangat penting untuk disampaikan.

Solusi yang paling tepat dan semua orang harus mengetahuinya adalah dengan menyajikannya melalui infografis.

“Picture says a thousands words”

Dikutip dari House of Infografis (kasih backlink), Infografis berasal dari kata Infographics dalam Bahasa Inggris yang merupakan singkatan dari Information + Graphics adalah bentuk visualisasi data yang menyampaikan informasi kompleks kepada pembaca agar dapat dipahami dengan lebih mudah dan cepat.

Gambar 1  (Infografis Before Tokopresentasi.com)

Gambar 2 (Infografis After Tokopresentasi.com)

Jika Anda diminta untuk memilih satu diantara dua gambar diatas, mana yang kira-kira membuat anda tertarik? Secara psikologis, mata Anda merasakan kejenuhan melihat angka-angka yang banyak dan tampilan chart yang tidak menarik. Anda pun akan kehilangan konsentrasi karena tidak ada titik fokus mana angka yang penting untuk dicerna. Namun ketika Anda melihat gambar dua, sekilas anda melihat, maka anda sudah diarahkan untuk fokus pada poin penting yang sudah disajikan dengan bagus. Gambar 1 merupakan sajian tabel dan data tanpa disusun secara efektif dan menarik, dan gambar 2 merupakan tampilan infografis.

Ketika Anda memikirkan apa yang menjadikan Infografis sangat esensial nan penting dalam menyampaikan presentasi, berikut 7 alasan mengapa infografis penting dalam presentasi.

  1. Informasi lebih mudah dicerna dan memudahkan audiens untuk fokus

Angka di gambar satu dan dua merupakan dua buah informasi yang ingin disampaikan presenter kepada audiens nya. Dari dua gambar tersebut, manakah yang lebih mudah anda mengerti? Sudah pasti gambar dua. Bukan hanya tentang angka yang terfokus, melainkan mudah dicerna. Gambar pertama membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencerna daripada gambar kedua. Untuk itu, infografis membuat data dan informasi Anda lebih mudah untuk membuat audiens mencerna dan mengerti.

  1. Menarik perhatian audiens

Infografis adalah informasi yang disajikan secara grafis, baik berbentuk animasi, ikon, dan desain visual lainnya. Jika anda kerap terjebak menyajikan presentasi yang jadul, dalam arti minim warna, visualisasi dan gambar, maka kemungkinan besar presentasi Anda tidak berjalan lancar. Dengan infografis, presentasi Anda dapat menarik perhatian audiens. Terlebih, bisa membuat anda tidak mengeluarkan tenaga terlalu banyak untuk bicara, melainkan visualisasi dan infografis sudah menjalankan 2/3 tugas Anda dalam menyampaikan pesan.

  1. Tampilan tidak membosankan

Salah satu alasan orang berpindah dari cara lama menuju cara yang lebih visual adalah tetap menggugah selera audiens untuk tetap memperhatikan presenter atau slide presentasinya. Riset ini (klik tautan untuk membuka berita) menunjukan peningkatan penggunaan infografis yang signifikan dari 9% menuju 52%. Karena kebanyakan dari responden menemukan infografis membuat audiens merasa nyaman mendengarkan dan menyimak apa yang ingin kita sampaikan. Jika Anda merupakan pribadi yang tidak percaya diri ketika berhadapan dengan audiens, infografis membantu anda menyikapi hal ini.

  1. Menampilkan data dengan menarik

Video, visualisasi, infografis, membuat presentasi lebih berwarna dan bergairah. Lebih hidup tanpa harus membangunkan semangat dan rasa ingin tahu dari audiens. Maka dari itu, perlu kita sematkan bahwa infografik adalah magnet untuk menarik minat audiens kita untuk menyimak apa yang ingin kita sampaikan. Keajaiban yang bisa dibuat oleh infografik adalah dengan menyulap data yang rumit dan ngejeliwet menjadi data simpel dan terfokus, mudah dimengerti juga meningkatkan estetika sehingga membuat audiens sangat nyaman melihatnya.

  1. Profesional

Profesionalisme adalah hal yang krusial dalam dunia bisnis dan karir profesional. Menyampaikan presentasi dengan desain yang pas-pas an malah terlihat mengurangi sikap profesional kita. Namun, infografik membantu mengembalikan bahkan menambah sikap profesionalitas Anda dalam menyampaikan presentasi. Visualisasi dan animasi membuat presentasi kita lebih hidup dan mudah menyampaikan pesan itu sendiri. Oleh karena itu, apapun data dan informasinya, menyajikan dengan infografik sudah pasti membuat Anda lebih profesional.

  1. Meningkatkan corporate / personal branding

Jika Anda melakukan presentasi sebagai perwakilan dari satu korporasi atau perusahaan, branding tentu sangat penting. Apalagi mengenai produk atau aktivitas inti dari korporat Anda. Presentasi yang biasa-biasa saja malah bisa membunuh brand korporasi Anda, namun Infografik malah membuat korporasi Anda semakin mudah diingat dan brand activation sangat mungkin terjadi.

Jadi sudah siap untuk bertransformasi cara Anda berpresentasi?

Bila Anda ingin tahu lebih banyak mengenai desain presentasi dan tips membuat presentasi yang powerful silahkan ikuti workshop Powerful Point dari Tokopresentasi.com, dim

Untuk pendaftaran workshop Powerful Point, klik di sini

Jadwal public class selama tahun 2017, klik di sini

Website: www.tokopresentasi.com

Email: info@tokopresentasi.com

Phone: 0812 8905 030 / 0812 8816 5156

BBM: 5795FBDD