Apakah anda adalah tipe orang yang selalu membuka sebuah pembicaraan atau presentasi dengan salam lalu langsung ke topik? Atau memberikan gambaran besar apa yang akan dibicarakan? Cara itu adalah cara lama dan tidak pernah terbukti bisa berjalan lancar. Banyak cara untuk memulainya dengan yang beda, yang lebih menarik.

Berikut 7 cara yang menarik untuk membuka presentasi.

1. Mulai dengan bercerita

Cerita bisa menjadi awal titik temu Anda dan audiens. Dengan cerita, secara perlahan anda membawa audiens untuk melangkah ke dalam dunia anda. Terlebih jika cerita yang menarik, otentik, dan bisa dirasakan semua orang. Sampai pada akhirnya anda bisa mendapatkan perhatian mereka dan dengan mudah menyampaikan pesan dari presentasi anda.

2. Lemparkan pertanyaan retorika

Secara harfiah, pertanyaan retorika adalah pertanyaan yang tidak memerlukan jawaban. Hanya iya dan iya. Ambillah satu topik yang akan anda presentasikan, lalu buatlah pertanyaan yang memang sudah jelas jawabannya atau mempunyai jawaban yang beragam. Contohnya, “kenapa kita lapar?”. Pertanyaan retorika ini bisa membuat audiens anda berpikir dan mempengaruhi mereka di jalan yang sama dengan anda.

3. Mulai dengan pernyataan yang mengejutkan

Orang selalu mengatakan “click bait” atau “hook” atau “attention-gather”. Ini adalah pesan inti yang ingin anda sampaikan kepada audiens anda. Pastikanlah anda memperlihatkannya dengan menarik, bisa dalam berbentuk headline/judul yang bisa membuat orang bersedia mendengarkannya sampai akhir.

4. Kata-kata mutiara/ quote yang relevan

Gunakanlah kata-kata bijak yang yang banyak orang tahu, juga ada relevansinya dengan topik yang akan dibicarakan. Menggunakan metode ini, anda setidaknya bisa membuat audiens merasa diingatkan dengan isi. Karena secara umum, kata-kata bijak atau quote akan mengandung arti yang dalam untuk para pembaca dan pendengarnya.

5. Menunjukan foto yang menarik

Foto yang menggugah dan menarik perhatian orang banyak bisa jadi awal cerita kamu mempunyai presentasi yang hebat. Foto yang memiliki estetika tinggi dan memiliki arti yang dalam. Foto dapat membuat pesan anda semakin mudah diingat, karena menurut studi, mayoritas orang menerima pesan yang berhasil adalah lewat visual.

6. Menggunakan properti dan kreatif visual

Jika anda pernah melakukan story-telling, maka anda sudah menyadari betapa pentingnya properti untuk peragaan agar penonton mendapatkan pesan yang ingin disampaikan. Begitupun halnya dengan presentasi, properti bisa menjadi pendukung pembuka presentasi kamu dengan berbeda dan menarik.

7. Memainkan video pendek

Tidak seperti teks atau poin-poin biasa di slide, video bisa mengundang gairah dan respon secara emosional. Video bisa menampilkan drama, perasaan yang bisa menyatukan perhatian audiens. Oleh karena itu, video bisa jadi alat komunikasi yang pas untuk menyampaikan pesan dengan cepat dan efektif.

Nah 7 cara ini bisa membuat Anda melakukan presentasi tidak seperti kebanyakan orang. Anda bisa menjadi beda dan lebih percaya diri.

Bila Anda ingin tahu lebih banyak mengenai desain presentasi dan tips membuat presentasi yang powerful silahkan ikuti workshop Powerful Point dari Tokopresentasi.com

Untuk pendaftaran workshop Powerful Point, klik di sini

Jadwal public class selama tahun 2017, klik di sini

Website: www.tokopresentasi.com

Email: info@tokopresentasi.com

Phone: 0812 8905 030 / 0812 8816 5156

BBM: 5795FBDD