Melibatkan audiens saat presentasi tentunya sangat penting, karena merekalah pendengar apa yang kita sampaikan. Semakin terlibat audiens dengan kita, maka semakin efektif presentasi yang kita sampaikan. Nah, tokopresentasi.com memiliki 7 cara yang bisa kamu coba untuk melibatkan audiens saat presentasi.

1. Kuasai materi dan berlatih

Menguasai materi yang akan Anda sampaikan sangatlah penting, karena setidaknya sebagai presenter, Anda harus lebih mengetahui materi yang akan Anda sampaikan dibandingkan dengan audiens Anda. Tentunya cara yang paling efektif untuk menguasai materi dan presentasi adalah dengan cara berlatih.

2. Hindari membaca slide

Perlu diingat bahwa slide Anda hanya ada untuk menggambarkan apa yang sedang Anda diskusikan. Penonton Anda tidak mampu membaca dan mendengarkan pada saat bersamaan. Jadi jika slide Anda mengatakan hal yang sama seperti suara Anda, kemungkinan tidak ada yang akan mendengarkan.

3. Buat slide Anda simple dan fokus

Jika slide Anda hanya berisi teks yang biasa Anda lihat dalam format word atau PDF, tentu itu sangat membosankan. Seperti yang dibahas sebelumnya, orang tidak dapat membaca dan mendengarkan pada saat yang bersamaan dan itulah sebabnya slide Anda harus berfokus pada penggambaran gagasan Anda atau menekankan poin-poin terpenting.

4. Kenali Audiens Anda

Sebagai presenter, tugas Anda adalah terlibat secara langsung dengan audiens, agar Anda dapat dengan mudah mengkomunikasikan pesan yang ingin Anda sampaikan. Cara paling mudah untuk terhubung dengan audiens adalah dengan mengenal mereka, apa yang mereka suka, dan apa yang mereka minati. Jadi, cari tahu dan kenali audiens Anda terlebih dahulu.

5. Berinteraksi dengan Audiens

Saat presentasi, alangkah baiknya ada komunikasi dua arah antara presenter dan audiens. Presentasi bukanlah ceramah, tentunya audiens lebih mengharapkan keterlibatan dalam sebuah pesan, dan mereka ingin didengar. Cobalah untuk menyediakan sesi untuk berinteraksi dengan audiens Anda.

6. Jangan berbicara terlalu cepat

Jika Anda berbicara tentang sesuatu yang menarik, audiens Anda ingin menikmati konten Anda. Sebagai pembicara tidak ada yang lebih diharapkan selain mendapatkan perhatian dari audiens. Berbicara dengan tempo yang sesuai sangatlah diperlukan, agar informasi yang ingin Anda sampaikan dapat diterima dengan baik oleh audiens Anda.

7. Be passionate and share the good energy

Pastikan Anda menyebarkan antusiasme tentang apa pun yang Anda sampaikan untuk melibatkan audiens Anda. Berikan energi positif kepada audiens dan yankinkan mereka bahwa mendengarkan Anda akan sangat bermanfaat.

Itulah 7 cara yang dapat Anda pelajari untuk melibatkan audiens Anda dalam sebuah presentasi. Tentunya melibatkan audiens sangatlah penting, karena merekalah pendengar apa yang akan Anda sampaikan.

 

Untuk konsultasi perihal presentasi, langsung saja hubungi:

Website: www.tokopresentasi.com

Email: info@tokopresentasi.com

Phone: 0812 8905 030 / 0812 8816 5156

BBM: 5795FBDD