Menurut Kotler, brand atau merek adalah suatu nama, kata, simbol, tanda, desain, atau kombinasi dari semuanya yang mengidentifiaksi pembuat atau penjual produk dan jasa tertentu. Usaha untuk membangun dan membesarkan sebuah brand dinamakan branding. Branding ini dapat dilakukan di berbagai media dan dengan berbagai cara, bisa dengan promosi, iklan, pemasaran, dan sebagainya.

Berikut ini adalah tips yang bisa kamu lakukan dalam membangun sebuah merek di salah satu media, yaitu media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lain-lain.

1. Tentukan brand yang ingin dibangun

Pada awalnya, terlebih dahulu kamu harus menentukan merek yang akan kamu besarkan di ranah media sosial. Merek tersebut hendaknya sesuai dengan produk atau jasa yang kamu jual. Pikirkan segala sesuatunya dengan matang karena merek akan berlaku dalam jangka panjang dan akan mempengaruhi penjualanmu.

2. Buat konten yang menarik dan mendidik

Setelah berhasil menentukan satu merek, yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah membuat konten yang bermanfaat di media sosial. Konten tidak melulu harus bersifat promosi tentang produk atau jasa, melainkan lebih kepada insight audiens seperti fakta-fakta menarik yang berhubungan dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan, dan semacamnya. Tujuannya adalah untuk menarik perhatian mereka dan memberitahu tentang keberadaan merek yang baru kamu buat.

3. Sesuaikan konten dengan brand

Sudah disinggung sebelumnya bahwa konten harus relevan dengan brand yang ada. Usahakan konten yang dibuat ada kaitannya dengan brand. Boleh out of the box, namun harus tetap menyesuaikan. Jangan terlalu berada di luar batas. Sebab, itu dapat membuat audiens bingung akan produk atau jasa yang sebenarnya kamu tawarkan.

4. Buat desain konten media sosial dengan menarik

Biasakan untuk membuat konsep awal terlebih dahulu, termasuk desain konten pada media sosial. Bagaimana agar media sosial dilirik dan dikunjungi oleh audiens. Jawabannya adalah membuat desain semenarik mungkin pada timeline atau feeds media sosial kamu. Jangan lupa beri caption yang relevan dengan gambar. Tidak perlu berlebihan, yang terpenting adalah jelas dan menarik. Kamu bisa lihat contoh konten yang menarik diĀ  http://tokopresentasi.com/jasa-desain-konten-promosi-sosial-media/.

 

Selamat belajar! Semoga branding kamu sukses ya!

 

Untuk konsultasi perihal presentasi, langsung saja hubungi:

Website: www.tokopresentasi.com

Email: info@tokopresentasi.com

Phone: 0812 8905 030 / 0812 8816 5156

BBM: 5795FBDD