Salah satu ice breaking yang dapat melatih fokus audiens yaitu “Pegang Ini, Pegang Itu”. Permainan ini cukup mudah, audiens hanya perlu mengikuti gerakan pemateri. Tidak perlu berpikir apalagi berpindah posisi, audiens hanya harus berdiri di tempat dan mengikuti instruksi yang diberikan pemateri.

Permainan ini sangat menghibur dan menghapus ketegangan audiens, serta dapat mengurangi tingkat kejenuhan audiens dalam memperhatikan presentasi yang terlalu lama. Kinerja otak perlu dilatih sedemikian mungkin agar fokus ikut meningkat, jenis ice breaking ini tentu dapat menjadi solusinya.

 

Berikut cara bermain “Pegang Ini, Pegang Itu” yang tergolong sangat sederhana namun membawa manfaat yang besar.

  1. Audiens berdiri pada posisinya, tidak perlu berpindah atau membuat kelompok.
  2. Pemateri memegang salah satu anggota tubuhnya sambil menyebutkan nama anggota tubuh yang dipegang. Namun, dalam hal ini pemateri dapat menyebutkannya secara asal dan tidak sesuai dengan apa yang dipegang. Di sinilah tantangannya.
  3. Audiens harus mengikuti setiap gerakan pemateri sesuai dengan yang dilihat, bukan yang didengar. Misal, jika pemateri memegang telinga maka audiens harus memegang telinga juga, walaupun pemateri menyebutkan “pegang dahi”.
  4. Pemateri dapat mempercepat tempo permainan. Dengan begitu, audiens akan tertantang untuk meningkatkan fokus mereka terhadap apa yang mereka lihat.
  5. Pemateri dapat memberi hukuman pada audiens yang ketahuan salah mengikuti, dan yang bertahan sampai akhir bisa mendapatkan reward.

 

Mudah bukan? Permainan ini sangat sering dilakukan di sela presentasi agar audiens tidak merasa bosan dan jenuh hingga akhir presentasi.

 

Untuk konsultasi perihal presentasi, langsung saja hubungi:

Website: www.tokopresentasi.com

Email: info@tokopresentasi.com

Phone: 0812 8905 030 / 0812 8816 5156

BBM: 5795FBDD