“Sambung Kata” adalah salah satu permainan ice breaking yang dapat digunakan oleh pemateri untuk menguji ketangkasan dan kecepatan berpikir otak. Permainan ini membutuhkan kerja sama antar individu. Sebab masing-masing individu harus dengan cepat mengucap satu kata dengan menyambung kata sebelumnya untuk menjadi sebuah kalimat yang utuh.

Selain melatih otak, permainan ini juga sangat menghibur karena kalimat yang terbentuk di akhir tidak direncanakan sebelumnya atau dengan kata lain terlontar secara spontan. Bisa jadi kalimatnya mengandung lelucon yang tidak masuk akal dan menjadi bahan tawa seluruh audiens, belum lagi ketika ada beberapa audiens yang terkena hukuman karena tidak dapat menjawab dengan cepat. Manfaat lainnya adalah untuk melatih kemampuan berbicara di depan khalayak secara spontan dan tidak ragu-ragu.

 

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melaksanakan permainan. Seperti biasa, pemateri yang harus memimpin permainan ini agar berjalan dengan kondusif.

  1. Jika memungkinkan, posisi audiens dibentuk menjadi lingkaran besar dan pemateri berdiri di tengah-tengah lingkaran. Namun jika tidak memungkinkan, tidak masalah untuk tetap berada pada posisi dimana mereka duduk.
  2. Pemateri menyebutkan satu kata sebagai kata pertama yang akan mengawali sebuah kalimat.
  3. Lalu pemateri bisa menunjuk siapapun audiens untuk melanjutkan kalimat dengan menyebutkan sebuah kata (dibebaskan, asal berhubungan dengan kata sebelumnya).
  4. Audiens lain di sebelahnya dapat menyebut sebuah kata lain yang tentu berhubungan dengan kata sebelumnya.
  5. Ulangi langkah 1-4 sampai orang terakhir, dengan ketentuan masing-masing audiens diberi waktu 3 detik untuk menjawab. Jika lebih dari itu, audiens akan diberikan hukuman (dari pemateri atau audiens lain, sesuai kesepakatan bersama).
  6. Sampai pada orang terakhir, kata-kata yang telah disebutkan tadi akan membentuk sebuah kalimat. Maka, orang terakhir harus mencatat kata-kata yang telah disebutkan dan kembali menyebutkan kalimat secara utuh di akhir permainan.
  7. Permainan dapat diulang kembali sesuai dengan keputusan pemateri, apakah durasinya cukup atau tidak.

 

Demikian tentang cara bermain Sambung Kata dalam ice breaking di sela presentasi, mudah kan? Semoga bermanfaat!

 

Untuk konsultasi perihal presentasi, langsung saja hubungi:

Website: www.tokopresentasi.com

Email: info@tokopresentasi.com

Phone: 0812 8905 030 / 0812 8816 5156

BBM: 5795FBDD