Salah satu permainan ice breaking yang dapat dipilih yaitu berjudul “Siapa Dia?” yang bertujuan untuk saling mengenal satu sama lain. Mengingat dalam menghadiri presentasi dalam lingkup yang besar; seperti seminar, talkshow, dan lain-lain, tidak semua audiens yang berada di dalam ruangan saling mengenal. Oleh karena itu, permainan ini menjadi solusi yang tepat untuk ice breaking di sela presentasi baik di awal maupun di akhir.

Pentingnya sebuah perkenalan adalah sebagai ajang mencari relasi di mana pun seseorang berada. Kebanyakan, tujuan individu menghadiri sebuah seminar atau semacamnya yaitu untuk menambah teman atau relasi di luar dari lingkup kecil mereka (di luar sekolah, di luar kampus, atau di luar kantor). Memperbanyak relasi bisa menguntungkan seseorang di masa mendatang. Oleh karena itu, mulailah untuk membuka diri dan mengenal orang lain, jelajahi segala ranah kegiatan yang bermanfaat bagimu di kemudian hari.

 

Di bawah ini adalah tata cara bermain “Siapa Dia?”, yuk simak!

  1. Buatlah satu lingkaran besar jika jumlah audiens cukup dan cenderung sedikit. Jika audiens dirasa terlalu banyak, pemateri bisa membaginya menjadi beberapa kelompok lingkaran dengan jumlah yang sama.
  2. Pemateri menunjuk satu orang pertama untuk memulai perkenalan diri secara singkat, seperti nama panggilan, tempat tinggal, dan profesi.
  3. Orang selanjutnya (sesuai urutan yang ditentukan pemateri) harus bisa mengingat lalu menyebutkan nama teman sebelumnya yang baru saja memperkenalkan diri, baru setelahnya bisa memperkenalkan dirinya sendiri dengan format yang sama.
  4. Orang ke-3 melakukan hal yang sama yaitu menyebut nama 2 teman sebelumnya, lalu memperkenalkan diri sendiri. Begitu pun seterusnya hingga audiens terakhir.
  5. Tidak ada hukuman dalam permainan ini, dan audiens lain boleh membantu saat ada teman yang kesulitan menjawab.
  6. Orang yang berada di urutan terakhir harus bisa menyebutkan nama seluruh audiens yang ada, dan juga memperkenalkan dirinya sendiri. Jika orang terakhir bisa menyebutkan seluruh nama dengan tepat tanpa bantuan dan tanpa catatan, maka pemateri bisa memberikan hadiah untuk orang tersebut.

 

Selain untuk saling mengenal dan mendapatkan teman baru, permainan “Siapa Dia?” dapat melatih daya ingat dan meningkatkan konsentrasi terhadap suatu hal. Selamat mencoba!