Sulitnya membuat sebuah ide agar dapat diterima oleh orang lain. Kuncinya ada pada presenter. Mengapa? Karena seorang presenter yang handal dapat dengan mudah menyusun strategi untuk menarik perhatian seluruh audiens. Begitu pula dengan presentasi bisnis, kepintaran dalam mengutarakan ide dan penjelasan lainnya menjadi salah satu faktor penting demi keberhasilan sebuah presentasi.

Mau tahu bagaimana tips agar presentasi bisnis bisa sukses? Mau tahu juga bagaimana caranya menjadi presenter yang handal? Simak poin-poin berikut ini.

Connect with your audience. Menjadi seorang presenter harus bisa mencairkan suasana, maka lakukan interaksi sederhana kepada para audiens. Komunikatif dan interaktif dapat menjadi solusi ketika audiens kehilangan konsentrasi untuk mendengarkan penjelasanmu. Berikan senyuman terbaikmu dan lakukan eye contact untuk mengambil perhatian mereka. Dalam presentasi bisnis, tips ini sangat ampuh untuk membuat audiens tertarik pada ide yang kamu presentasikan. Dengan interaksi tersebut, audiens merasa diakui keberadaannya.

Remember 10-20-30 Rule. Hal ini penting untuk diingat. Peraturan 10-20-30 sudah banyak dilakukan dalam penyajian presentasi. Kesuksesan sebuah presentasi terletak pada poin kedua ini, baik itu presentasi biasa atau presentasi bisnis. Jadi, ingatlah hal teknis berikut.

  • Buatlah presentasi maksimal 10 slides, isi masing-masing slide tersebut dengan sesuatu yang dianggap perlu untuk disampaikan. Hindari teks yang terlalu banyak untuk setiap slide.
  • Waktu maksimal untuk melakukan presentasi adalah 20 menit. Lebih dari itu, presentasi sudah dianggap membosankan. Itulah sebabnya, mengapa dibutuhkan uji coba dan persiapan sebelum presentasi dilakukan .
  • Gunakan font size 30pt, baik itu judul maupun isi materi. Kurang atau lebih diperbolehkan. Asal tidak terlalu kecil karena audiens akan sulit untuk membacanya, atau terlalu besar karena mengingat pentingnya informasi mengenai isi dari materi (tidak hanya judul).

Focus on your audience’s needs. Sampaikanlah sesuatu yang perlu disampaikan. Dalam presentasi bisnis sudah pasti yang perlu disampaikan kepada audiens adalah big idea. Penjelasan mengenai sebuah ide yang tentu ingin mereka ketahui dan perlu mereka ketahui, seperti tujuan dan manfaat berkaitan dengan ide kamu. Jangan membuang waktumu untuk hal-hal yang sekiranya tidak penting untuk diutarakan karena akan sia-sia jadinya.

Keep it simple. Buatlah presentasi yang sederhana namun memikat. Mulai dari desain presentasi hingga penyajian presentasi. Setelah memberi penjelasan yang cukup panjang, hendaknya seorang presenter dapat memberikan sebuah simpulan atau inti dari presentasi. Sampaikan kurang lebih dalam 15 kata atau dalam 30 detik saja. Itu cukup untuk membuat audiens dapat mengingat kembali isi materi atau ide yang disampaikan.

Enjoy your presentation. Nikmati apa yang sedang kamu lakukan. Buat dirimu relaks dalam setiap pengutaraan yang keluar dari bibirmu. Itu membuat presentasi berjalan dengan mulus tanpa khawatir akan gagal. Dengan begitu, maka akan berpengaruh pada cara berbicara kamu yang sebenarnya. Intonasi dan tempo berbicara yang normal serta tidak terburu-buru membuat audiens yakin akan dirimu dan idemu. Hal ini berkaitan dengan tingkat kepercayaan diri. Semakin kamu memiliki rasa percaya diri yang tinggi, maka semakin besar peluang idemu diterima oleh audiens yang disebut calon investor (klien). Jadi, berusahalah untuk menjadi yang terbaik ya!

 

Untuk konsultasi perihal presentasi, langsung saja hubungi:

Website: www.tokopresentasi.com

Email: info@tokopresentasi.com

Phone: 0812 8905 030 / 0812 8816 5156

BBM: 5795FBDD