Berikut adalah contoh satu slide presentasi yang sering kita temui. Beberapa dari Anda mungkin berfikir tidak ada yang salah dalam slide itu. Akan tetapi, ini sebenarnya kesalahan yang selalu dilakukan berulang-ulang karena tidak menyadarinya.

tokopresentasi.com font ideal untuk presentasi

Gambar 1. Contoh font yang tidak ideal dalam slide presentasi

Satu slide dengan konten yang lumayan padat disajikan dalam satu jenis font. Tanpa disadari, ketika Anda menampilkan slide seperti ini, Anda menawarkan informasi yang membuat audience malas membaca, sakit mata, atau bahkan tak sudi mendengarkan presentasi hanya karena font saja.

Ingat, esensi dari slide adalah membantu menyampaikan poin yang ingin disampaikan. Bukan menampilkan semua hal termasuk kata-kata yang ingin disampaikan oleh presenter sendiri.

Menyampaikan poin dalam slide tentunya dimulai dari font yang akan dipilih. Meskipun hal yang disampaikan banyak seperti gambar diatas, slide akan tetap terlihat bagus dan gampang dimengerti oleh audience ketika font yang dipilih sudah tepat.

Nah, bagaimana memilih font yang tepat untuk sebuah desain presentasi?

Sebelum itu, ada dua macam jenis font. Serif dan San Serif. Jenis Serif adalah Font yang memilik buntut yang mudah dibaca dan sering dipakai di Buku, Majalah, dan tulisan-tulisan awam lainnya. Contohnya adalah font Times New Roman.

tokopresentasi.com font ideal untuk presentasi 1

Gambar 2. Jenis font Serif

http://www.identifont.com/samples2/adobe/TimesNewRoman.gif

 

Sebaliknya, font jenis San Serif tidak memiliki buntut, bentuknya tegas dan sering dipakai ketika text berukuran besar yang ingin dilihat dari jauh. Contohnya adalah font Century Gothic.

tokopresentasi.com font ideal untuk presentasi 2

Gambar 3. Jenis font San Serif

Sumber: http://blankbaby.typepad.com/.a/6a00d8341c44f153ef017c361cc64c970b-pi

 

Memilih font yang tepat untuk slide presentasi adalah dengan menggabungkan dua jenis font ini dalam satu slide yang sama. Ini guna membuat audience Anda bisa lebih mengerti dari segi konten, menjaga nuansa estetik yang dihasilkan dari kombinasi font ini.

Selain dari jenis font, yang perlu diperhatikan adalah ukurannya. Banyaknya konten membuat ukurun dipaksa harus kecil dan tanpa disadari membuat slide presentasi Anda jauh dari kata efektif. Penggunaan ukuran font sangan krusial untuk diperhatikan.

tokopresentasi.com font ideal untuk presentasi 3

Gambar 4. Contoh kombinasi font ideal untuk slide presentasi

Selamat mengaplikasikan dan membuat slide presentasi yang hebat dimulai dari cara ini.

Bila Anda ingin tahu lebih banyak mengenai desain presentasi dan tips membuat presentasi yang powerful silahkan ikuti workshop Powerful Point dari Tokopresentasi.com, dim

Untuk pendaftaran workshop Powerful Point, klik di sini

Jadwal public class selama tahun 2017, klik di sini

Website: www.tokopresentasi.com

Email: info@tokopresentasi.com

Phone: 0812 8905 030 / 0812 8816 5156

BBM: 5795FBDD