Setiap orang bisa membuat presentasi. Kesulitannya adalah bagaimana seseorang dapat menyajikan sebuah presentasi yang menarik perhatian audiens. Sebenarnya menarik itu relatif, tergantung masing-masing orang melihatnya mengingat tidak semua selera orang itu sama.

Oleh karena itu, Tokopresentasi merangkum beberapa strategi yang dapat kamu terapkan ketika akan melakukan presentasi di depan audiens yang sudah kamu kenali atau belum.

1. Kenali audiens

Sebelum memulai presentasi, kenali dulu siapa audiens yang akan kamu hadapi. Cari tahu latar belakang dan kesibukan mereka saat ini sehingga kamu akan mudah menyikapinya. Sebab, kamu tidak bisa sembarang menyikapi suatu hal yang tidak kamu ketahui apalagi ini menyangkut orang banyak yang bahkan tidak kamu kenali.

2. Gunakan diksi yang sesuai dengan karakter audiens

Pilih bahasa yang tepat untuk menjelaskan isi presentasi. Sesuaikan dengan karakter audiens. Alangkah lebih baiknya menggunakan diksi yang tidak terlalu sulit dimengerti. Karena walaupun audiens di hadapanmu adalah seorang penulis novel, tidak menutup kemungkinan mereka akan kesulitan memahami perkataanmu.

3. Gunakan kalimat yang singkat dan informatif

Selain menggunakan bahasa yang sederhana, kalimat yang disampaikan harus informatif. Tidak perlu menjelaskan panjang lebar, melainkan singkat dan padat berisi. Alih-alih mendengarkan penjelasanmu yang berputar-putar, audiens justru akan bosan.

4. Pilih style desain presentasi yang tepat

Gunakanlah gaya desain presentasi yang berbeda dan belum pernah (atau jarang) digunakan oleh presenter lain. Sehingga presentasimu tidak akan terlihat membosankan apalagi monoton. Kamu bisa melihat beberapa style yang belum pernah kamu temukan sebelumnya di http://tokopresentasi.com/design, carilah sesuai keinginanmu dan cocok untuk materi presentasimu.

5. Buat desain slide presentasi yang tidak biasa

Pandai-pandailah membuat desain pada slide presentasi dan hindari menggunakan template bawaan dari aplikasi Power Point. Itu akan membuat presentasimu terlihat tidak profesional dan membosankan. Audiens akan memandang sebelah mata, sekali pun materi yang kamu sampaikan sebenarnya sangat menarik untuk dibahas.

Bagaimana? Masih menganggap bahwa membuat presentasi yang powerful adalah hal yang sulit? Kamu akan bisa menjawabnya bila sudah mencoba 5 strategi di atas, semoga berhasil!

 

Untuk konsultasi perihal presentasi, langsung saja hubungi:

Website: www.tokopresentasi.com

Email: info@tokopresentasi.com

Phone: 0812 8905 030 / 0812 8816 5156

BBM: 5795FBDD