Presentasi yang kurang baik dapat menurunkan minat audiens Anda. Mungkin materi yang Anda sampaikan sangat baik, namun saat penyampaian Anda salah, maka semua itu akan percuma. Sebagai seorang presenter, ada beberapa hal yang harus Anda hindari, karena beberapa hal ini sangat dibenci oleh audiens.

1. Terlalu lama memperkenalkan diri

Bukan sebuah ide yang bagus saat Anda menghabiskan 10 slides pertama untuk memperkenalkan diri Anda, latar belakang Anda, perusahaan Anda, dan lain sebagainya. Mengapa? Karena Anda belum memberikan alas an pada audiens mengapa mereka harus peduli dengan apa yang Anda sampaikan. Beberapa menit pertama presentasi adalah yang paling penting karena audiens Anda akan menentukan apakah Anda layak memperhatikan atau tidak. Mulailah presentasi Anda dengan pengenalan singkat tentang siapa Anda sehingga mereka memiliki beberapa konteks.

2. Terlalu fokus pada fakta, bukan emosi Audiens

Satu-satunya cara Anda dapat memberikan presentasi yang mengesankan adalah jika Anda menarik perhatian orang. Anda mungkin terkesan dalam jangka pendek dengan pertumbuhan penjualan perusahaan Anda, namun audiens Anda akan jauh lebih mengingat bagaimana perasaan mereka. Di sinilah kekuatan bercerita sangat diperlukan, karena orang mengingat cerita, bukan fakta.

3. Konten yang acak-acakan

Alur presentasi yang buruk akan membingungkan audiens. Orang akan memiliki waktu yang sulit untuk memahami apa yang Anda katakana. Buatlah konten yang terorganisir dan memiliki alur yang rapih. Pembukaan, isi, dan penutupan.

4. Membaca slide

Banyak presenter membuat kesalahan dengan meletakkan semua poin dan membacanya seperti naskah. Maka dari itu sangat penting untuk menguasai materi, agar Anda tidak perlu membaca slide. Untuk menghindari itu juga Anda bisa menghilangkan teks yang banyak dan membuatnya menjadi point utama. Maka dari itu, visual yang tepat sangat penting di sini.

5. Terlalu banyak grafik dan chart monoton

Saat presentais Anda hanya dipenuhi grafik dan chart yang monoton, maka itu akan mudah membuat audiens Anda bosan dan mengantuk. Tampilkanlah data berupa chart dan grafik dalam bentuk infografis, sehingga lebih menarik dan lebih mudah untuk dipahami.

6. Terlalu kaku, kurang humor

Jangan terlalu kaku, memberikan sedikit bumbu humor sangat dianjurkan saat presentasi. Dengan bumbu humor saat presentasi akan meningkatkan intensitas presentasi Anda, menghibur penonton, dan membawanya ke sisi Anda. Cari tahu audiens Anda, buatlah jokes yang relevan dengan mereka dan cobalah untuk menghibur mereka.

7. Tidak ada interaksi dengan penonton

Komunikasi adalah jalan dua arah dan sementara presenter lebih banyak menyampaikan  pembicaraan, penting bagi penonton untuk merasa terlibat dan tidak hanya bertindak sebagai penonton pasif. Paling tidak, melibatkan audiens Anda akan mencegah mereka tertidur. Bisa jadi gerakan sederhana seperti kontak mata atau diskusi yang mendorong selama presentasi. Tanya jawab merupakan cara yang paling mudah untuk meningkatkan interaksi dengan penonton.

Itulah beberapa hal yang dibenci oleh audiens dan tentunya perlu kamu hindari. Memperbanyak berlatih dari presenter ternama merupakan cara salah satu cara yang bagus untuk melatih diri Anda bertingkah di atas panggung.

 

Untuk konsultasi perihal presentasi, langsung saja hubungi:

Website: www.tokopresentasi.com

Email: info@tokopresentasi.com

Phone: 0812 8905 030 / 0812 8816 5156

BBM: 5795FBDD