Siapa yang tidak tahu infografis? Definisi singkatnya adalah sebuah informasi yang ditampilkan dalam bentuk grafis. Bukan hanya grafik atau chart, melainkan ada komponen-komponen visual pendukung lainnya yang membuat sebuah informasi dapat tersampaikan dengan baik. Begitu banyak visualisasi yang dapat dijadikan pendukung materi presentasi, seperti sesuatu yang berbentuk gambar, video, suara, dan lain sebagainya. Sebuah materi yang disajikan dalam bentuk infografis dianggap efektif dan efisien bahkan menjadi salah satu alternatif bagi presenter yang sulit menjelaskan isi materi.

Kira-kira apa saja alasan yang membuat infografis dianggap penting ya? Berikut penjelasannya.

1. Bentuk visualisasi yang menarik membuat pemahaman audiens meningkat dengan cepat.

Manusia cenderung lebih cepat menerima informasi dan memahami sesuatu yang bentuknya visual, baik itu bergerak maupun tidak, baik itu bersuara atau tidak. Dengan begitu, mereka menjadi mudah dalam memahami isi materi infografis.

2. Audiens menyukai hal-hal yang unik dan tidak biasa.

Sesuatu yang unik akan membuat perhatian audiens bertambah. Sebab mereka merasa senang dan antusias ketika melihat sesuatu yang baru dan yang belum pernah mereka lihat. Audiens secara sadar ataupun tidak, mereka akan memperhatikan dengan seksama infografis yang mereka lihat.

3. Data dalam bentuk sederhana atau simple membuat audiens mudah dalam mengingat.

Perlu diketahui, audiens tidak akan menyukai sesuatu yang rumit dan berlebihan seperti deretan angka yang sangat sulit dimengerti apabila tidak dijelaskan dengan benar oleh presenter, maupun dengan dukungan gambar atau visualisasi di sekitarnya.

4. Terlihat profesional dalam menyajikan sebuah informasi.

Semakin bagus sebuah penyajian presentasi, kamu akan semakin dianggap profesional. Dan dengan menggunakan infografis, kamu tidak perlu khawatir dengan tanggapan negatif para audiens.

5. Bentuk angka sulit dicerna oleh audiens karena terlalu rumit.

Mengingat kebanyakan audiens lebih menyukai hal-hal yang berbau visual dan menarik dibandingkan deretan angka yang sulit dimengerti bila tidak dijelaskan dengan seksama. Infografis dapat mengubah informasi rumit seperti itu menjadi informasi yang mudah dipahami audiens dalam sekali lihat.

6. Penyajian informasi yang monoton membuat audiens bosan untuk memperhatikan.

Hindari penyajian yang monoton, itu hanya akan membuat audiens jenuh untuk mendengarkan seluruh informasi. Bosan dan mengantuk menjadi salah satu hambatan yang dialami oleh audiens akibat presentasi yang hambar.

7. Dapat membantu presenter yang kesulitan dalam menjelaskan informasi yang berbentuk angka.

Tidak jarang seorang presenter kehilangan percaya diri secara tiba-tiba, entah karena kurang persiapan atau benar-benar lupa akan penjelasan yang seharusnya diutarakan. Namun dengan menggunakan infografis, presenter akan merasa terbantu karena penjelasan singkat mengenai deretan angka tersebut sudah diwakilkan di dalamnya.

8. Infografis memiliki variasi komponen presentasi (gambar, video, suara, warna) yang lebih lengkap daripada PowerPoint.

Jika berbicara perihal kelengkapan, memang infografis lebih efektif karena telah mencakup seluruhnya. Hal itu memudahkan audiens dalam memahami input yang mereka terima melalui infografis tersebut.

9. Membuat audiens fokus memperhatikan presentasi.

Membuat audiens fokus dari awal hingga akhir presentasi merupakan salah satu hal yang sulit untuk dilakukan. Dengan adanya infografis, secara sadar ataupun tidak, mereka akan memperhatikan dengan sendirinya tanpa harus ditegur oleh presenter untuk tetap fokus.

10. Dapat meningkatkan rasa ingin tahu audiens.

Sebuah infografis yang menarik baik dari segi materi, bentuk grafik yang dipakai, hingga kontras warna yang ada, akan memunculkan rasa ingin tahu audiens. Seorang individu akan cepat merespon sesuatu yang membuat mereka penasaran. Warna dan bentuk grafik yang bervariatif, serta teks yang tidak monoton (judul dan isi) tentu termasuk dalam faktor pendorong munculnya rasa ingin tahu audiens terhadap informasi yang disampaikan oleh presenter.

 

Untuk konsultasi perihal presentasi, langsung saja hubungi:

Website: www.tokopresentasi.com

Email: info@tokopresentasi.com

Phone: 0812 8905 030 / 0812 8816 5156

BBM: 5795FBDD