Seperti yang diketahui, ice breaking pada presentasi sangatlah diperlukan. Ice breaking bertindak sebagai pencair suasana dan pemulih semangat audiens kala jenuh dalam mendengarkan penjelasan seorang pemateri. Banyak jenis ice breaking yang dapat digunakan, salah satunya adalah dalam bentuk brain games. Permainan ini bermanfaat untuk mengasah otak dan daya ingat seseorang. Tidak perlu mengambil materi permainan yang berat, cukup yang sederhana dan terasa efeknya.

 

Jika disimpulkan, fungsi dari brain games itu sendiri adalah:

a. Mengasah kinerja otak

Dengan memainkan permainan ini, kinerja otak seseorang menjadi bertambah. Individu menjadi lebih pandai memilah suatu hal yang dianggap tepat, serta dapat mencari sebuah solusi ketika individu tersebut berada dalam suatu masalah di kemudian hari. Memang efeknya tidak langsung bekerja, namun dengan memperbanyak memainkannya akan membantu otakmu bekerja secara maksimal di segala situasi.

b. Meningkatkan daya ingat

Efek positif lainnya adalah melatih daya ingat. Permainan ini dapat memperbaiki proses ingatan seseorang menjadi lebih baik. Kebiasaan lupa seakan sudah mendarah daging, sehingga sulit untuk dihilangkan. Solusinya yaitu bermain brain games. Sadar atau tidak, perlahan kebiasaan lupa tersebut akan hilang dengan sendirinya.

c. Menambah daya fokus terhadap suatu hal

Dalam presentasi seringkali audiens kehilangan fokus, itu disebabkan oleh banyak faktor. Oleh karena itu, seorang presenter hendaknya memasukkan materi ice breaking yaitu brain games yang diperuntukkan bagi audiens. Selain untuk menghilangkan jenuh, brain games juga dapat menambah daya fokus audiens terhadap materi yang disajikan saat presentasi berlangsung.

 

Permainan otak dapat mempengaruhi sisi psikologi seseorang, bahkan sampai pada perilaku dan tindakan seseorang. Pengetahuan (kognitif) yang didapat audiens dari permainan ini bisa mengubah cara pandang atau pola pikir untuk melakukan suatu tindakan tertentu, begitulah bila dilihat dari sisi psikologi.

 

Untuk konsultasi perihal presentasi, langsung saja hubungi:

Website: www.tokopresentasi.com

Email: info@tokopresentasi.com

Phone: 0812 8905 030 / 0812 8816 5156

BBM: 5795FBDD