Mungkin sebagian dari kalian sudah merasakan betapa lelahnya berperang dalam tender. Seperti yang diketahui, tidak hanya satu atau dua, melainkan puluhan pesaing memiliki ide yang sedikit banyak mirip dengan yang kalian miliki. Bahkan beberapa mengakui bahwa kalian memiliki ide yang cukup luar biasa namun tetap saja kalah dalam persaingan. Salah satu penyebabnya adalah karena presentasi yang kurang memukau sehingga mengurangi minat klien untuk menjatuhkan pilihan.

Tokopresentasi.com punya solusinya nih, kami merangkumnya menjadi tiga strategi utama dalam melakukan presentasi tender.

1. Menampilkan Judul Presentasi yang Membuat Penasaran

Sesuatu yang menarik adalah sesuatu yang membuat seseorang penasaran. Layaknya pandangan pertama, secara sadar atau tidak, efeknya akan berjangka panjang. Mereka yang tertarik pada saat melihat pertama kali, merasa akan perlu menuntaskannya hingga akhir. Maka buatlah judul semenarik mungkin dengan menggunakan kata yang sederhana namun memikat.

2. Bercerita Menggunakan Gambar

Usahakan mencantumkan susunan gambar yang memiliki cerita pada setiap slide presentasi berkaitan dengan ide kalian. Alangkah lebih baiknya, kalian menjelaskan gambar-gambar tersebut dengan bercerita pula menggunakan gaya bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti audiens (dalam hal ini adalah klien). Hindari mencantumkan kata-kata atau kalimat dengan porsi yang banyak karena akan membuat klien bosan dan merasa harus melewati paparan dengan cepat. Bersamaan dengan itu, jangan harap ide kalian akan didengar oleh mereka.

3. Memaparkan Tujuan dan Manfaat Secara Jelas

Hal yang lebih penting lainnya yaitu menggunakan sisa waktu presentasi untuk menjelaskan apa saja tujuan dan manfaat berkaitan dengan ide yang kalian miliki. Paparkan sedetail mungkin mengenai seberapa besar manfaat yang klien dapatkan, serta keuntungan apa saja yang akan klien rasakan setelah memilih tim kalian. Sampaikan sesuatu yang dapat menjadi jaminan bahwa klien tidak akan menyesal jika menjatuhkan pilihan mereka pada tim kalian.

Demikian tiga poin penting yang dapat kalian terapkan untuk memenangkan tender, semoga berhasil!

 

Untuk konsultasi perihal presentasi, langsung saja hubungi:

Website: www.tokopresentasi.com

Email: info@tokopresentasi.com

Phone: 0812 8905 030 / 0812 8816 5156

BBM: 5795FBDD