Warna ada dalam setiap elemen kehidupan kita. Dalam bisnis, warna bisa membuat karakter yang bisa menunjukan identitas kita. Warna telah lama menjadi sesuatu yang bisa menarik yang ditampilkan dalam visual kita dan salah satu cara yang mutakhir untuk digunakan untuk elemen marketing dalam sebuah bisnis.

Banyak studi yang sudah menunjukan pemilihan warna dapat mempengaruhi preferensi konsumer dan target pasar. Ada beberapa warna yang bisa mempengaruhi otak untuk menyerap informasi lebih cepat, atau merespon secara cepat. Oleh karena itu, disetiap elemen marketing, penggunaan warna bisa membuat usaha Anda menemukan target pasar yang tepat.

Simak psikologi tentang warna dalam desain visual & marketing, serta efeknya terhadap audiens anda saat menyampaikan presentasi.

1. Merah

Merah merupakan warna yang memiliki rasa urgensi. Warna ini biasanya digunakan untuk mendorong dan menekankan pesan yang ingin disampaikan. Contohnya Anda pasti bisa melihat penggunaan warna ini di promo Cuci Gudang dan diskon. Warna ini pula diasosiasikan ketika anda menciptakan sebuah gerakan di sosial media, kegembiraan, dan passion karena warna ini memiliki energi yang secara cepat menarik fokus seseorang. Jika diasosiasikan dengan makhluk hidup & manusia, warna ini menunjukan tubuh manusia, darah dan juga detak jantung.

2. Biru

Warna biru seringkali dipilih untuk menggambarkan seorang pria saat dibandingkan dengan wanita (pink). Warna ini diasosiasikan dengan perdamaian, air, dan sesuatu yang reliable (dapat dipercaya & diandalkan). Studi juga menjelaskan bahwa warna ini memberikan rasa keamanan, dan mempromosikan kepercayaan terhadap brand dari perusahaan itu sendiri. Untuk sisi konsumen, warna ini bisa menenangkan pikiran, memberikan rasa kedamaian. Biasanya anak muda mengasosiasikan warna ini dengan kedewasaan.

3. Hijau

Hijau selalu menggambarkan kedamaian, kesehatan, dan alam. Disamping itu, warna ini biasanya diasosiasikan dengan uang dan kemakmuran. Ketika warna ini diimplementasikan, akan menimbulkan rasa relax dan santai. Oleh karena itu, banyak brand yang bergelut dibidang supermarket selalu menyisipikan warna ini yang bisa membuat konsumer merasa nyaman berada di dalam supermarket. Warna ini pun seringkali dipaik untuk mempromosikan isu yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan dan bumi. Untuk sisi konsumen, hijau menstimulus harmoni di otak dan mendorong keseimbangan antara tubuh dan emosi, yang meningkatkan kemampuan untuk membuat keputusan.

4. Ungu

Ungu diasosiasikan dengan royalti, kebijaksanaan dan rasa hormat. Warna ini menampilkan sebuah kreativitas, bijak, dan brand yang imaginatif. Dari sisi konsumen, warna ini menstimulir area problem solving di otak dan juga meningkatkan kreativitas. Biasanya, dalam dunia nyata warna ini sering digunakan untuk produk kecantikan dan anti penuaan.

5. Kuning dan Oranye

Warna ini meningkatkan keceriaan dan optimisme untuk konsumen yang melihatnya. Selain itu, warna ini bisa meningkatkan kecenderungan orang untuk membeli produk dari brand yang menggunakan warna ini. Konsumen bisa terstimulir untuk memusatkan logika berfikir dalam otak dan mempromosikan entusiasme dari konsumen itu sendiri. Lebih tepatnya, warna ini bisa menghidupkan momen itu sendiri. Namun ketika dipakai terlalu sering, warna ini bisa menimbulkan kesan rasa kekhawatiran.

6. Hitam

Hitam di asosiasikan dengan otoritas, power, stabilitas dan kekuatan. Seringkali warna ini digunakan sebagai simbol inteligen. Warna ini bisa membuat orang terkesan dan mempunyai rasa pas ketika melihatnya mengingat ini adalah warna netral.

7. Abu-abu

Mewakilkan perasaan, waktu yang tak terhingga dan solidaritas dalam hidup. Ketika warna ini digunakan, akan menggambarkan rasa dan perasaan ketika melihatnya. Seperti hidup dalam warna, abu-abu bisa menggambarkan emosi, kematian, dan depresi.

8. Putih

Warna natural nan suci ini selalu di asosiasikan dengan kesucian, kebersihan, dan keselamatan. Warna putih bisa digunakan untuk white space yang menampilkan warna natural. Menggunakan warna ini bisa menyebarkan rasa kreativits dimana warna ini mempunyai peran sebagai penyeimbang.

Ingin mempelajari lebih banyak fungsi warna dalam slide anda? Ikuti training The Talking Slide yang mengoptimalkan warna, gambar dan typografi dalam slide presentasi anda.

Untuk pendaftaran workshop Powerful Point, klik di sini

Jadwal public class selama tahun 2017, klik di sini

Website: www.tokopresentasi.com

Email: info@tokopresentasi.com

Phone: 0812 8905 030 / 0812 8816 5156

BBM: 5795FBDD