Memang, sedikit sulit menyajikan presentasi di depan audiens yang juga sedang menjalani puasa. Permasalahannya adalah bagaimana audiens yang mendengarkan kalian presentasi tidak merasa bosan dan jenuh?

1. Pilihlah judul yang unik namun bukan sesuatu yang kontroversial ataupun sensitif

Judul yang unik adalah judul yang belum pernah audiens lihat sebelumnya. Namun terkait bulan Ramadhan, hindari memilih topik yang sensitif dan kontroversial di telinga audiens.

2. Tetapkan Materi yang Sederhana

Ketika sedang berpuasa, audiens biasanya enggan untuk berpikir terlalu rumit. Mereka akan mengabaikan hal-hal yang membuat mereka jenuh. Sesuatu yang memusingkan dan terlalu dalam untuk dipikirkan hanya membuat audiens malas untuk memperhatikan presentasi.

3. Sesuaikan Desain Presentasi dengan Topik yang Disampaikan

Menyesuaikan desain dengan materi juga penting. Hal itu akan membuat konsentrasi audiens menjadi terfokus. Desain yang menarik mengenai komposisi warna dan bentuk juga memengaruhi tingkat kebosanan audiens dalam memperhatikan presentasi.

4. Perbanyak Ilustrasi Gambar Diam dan Bergerak

Kebanyakan audiens lebih menyukai gambar atau visual daripada tulisan. Lebih baik menampilkan deretan gambar yang banyak dibandingkan tulisan yang banyak. Asal gambar tersebut memiliki urutan cerita dan tidak melenceng dari topik yang ada.

5. Kurangi Teks yang Membentuk Paragraf

Semakin banyak teks yang disajikan dalam sebuah presentasi, maka presentasi semakin dinilai membosankan oleh audiens. Apalagi teks tersebut sudah membentuk sebuah paragraf yang memusingkan pembacanya.

6. Cantumkan Materi Games Agar Lebih Semangat

Satu hal yang perlu ada dalam sebuah presentasi adalah hiburan. Mencantumkan materi games atau teka-teki serta didukung oleh penyampaian presenter yang menarik, akan membuat audiens terhibur sehingga mengurangi rasa jenuh dan bosan.

7. Selipkan Kalimat Menghibur dan Memotivasi

Cobalah untuk menambahkan kalimat motivasi di dalam sebuah presentasi. Karena setidaknya ketika materi pembahasan dianggap tidak menarik oleh audiens, secara sadar ataupun tidak, mereka akan mengingatnya bahkan setelah presentasi berakhir.

8. Tambahkan Video yang Mendukung Materi Presentasi

Selain gambar, video juga merupakan komponen yang seharusnya ada dalam sebuah presentasi. Dengan adanya video, audiens akan lebih paham mengenai maksud dari materi yang disampaikan.

9. Gunakanlah Transisi Pada Setiap Slide

Poin ini sering diremehkan oleh kebanyakan orang walaupun memang tidak begitu penting, sih. Namun, penggunaan transisi pada setiap slide akan menunjang tampilan presentasi menjadi setingkat lebih baik.

10. Sampaikan Salam Sebagai Pembuka dan Penutup Presentasi

Poin ini juga tidak harus ada dalam presentasi karena bisa disampaikan secara lisan oleh presenter. Namun, penyampaian secara tulisan akan lebih mendukung perhatian audiens secara langsung maupun tidak.

Itulah sepuluh tips yang bisa kamu gunakan untuk membuat presentasi mearik bernuansa bulan Ramadhan. Memang benar, memerlukan waktu yang tidak sedikit untuk membuat presentasi yang bagus. Namun jangan khawatir, jika kamu tidak punya banyak waktu untuk membuat slide presentasi yang menawan, maka segera hubungi tokopresentasi.com.

 

Untuk konsultasi perihal presentasi, langsung saja hubungi:

Website: www.tokopresentasi.com

Email: info@tokopresentasi.com

Phone: 0812 8905 030 / 0812 8816 5156

BBM: 5795FBDD