Hal yang paling efektif dalam menyampaikan pesan di presentasi adalah dengan visualisasi. Oleh karena itu, foto dan gambar berperan dominan dalam hal ini. Pada kesempatan kali ini, tokopresentasi.com akan berbagi tentang tips memilih gambar dan foto untuk slide presentasi.

Ada dua poin penting dalam memilih gambar untuk slide presentasi. Resolusi dan fokus gambar.

tokopresentasi.com Tips memilih gambar dan foto untuk slide presentasi (1)

Gambar 1. Perbedaan High Resolution dan Low Resolution

Poin pertama adalah resolusi gambar. Resolusi suatu gambar sangat menentukan kualitas ketajaman dari gambar itu sendiri. Gambar yang digunakan untuk presentasi disarankan merupakan gambar yang memiliki resolusi tinggi agar saat ditampilkan melalui LED ataupun proyektor, gambar terlihat jelas dan tegas. Gambar dengan resolusi rendah akan membuat slide presentasi terlihat tidak professional dan mengurangi kredibilitas anda sebagai presenter. Untuk itu, sebelum memilih gambar, perhatikan ukuran resolusi dan pastikan ketika dimasukan kedalam slide tidak blur dan sebagainya. Minimal ukurannya adalah 1280×843 .

Poin kedua, adalah fokus gambar. Adanya fitur format gambar dalam mengedit gambar atau foto kedalam sebuah presentasi membuat penggunanya leluasa memainkan kreatifitasnya. Namun, tidak semua presenter berhasil memanfaatkan tools tersebut. Akibatnya, gambar yang ditambahkan efek tertentu kehilangan fokusnya dan mengurangi estetika slide presentasi.

tokopresentasi.com Tips memilih gambar dan foto untuk slide presentasi 1

Gambar 2. Gambar sebelum dimodifikasi

Pada gambar di atas, gambar 2 merupakan gambar sebelum ditambahkan efek apapun dalam powerpoint. Sedangkan pada gambar 3 di bawah ini, beberapa gambar sudah di crop / dipotong, ditambahkan frame dan efek lainnya. Gambar 3 merupakan contoh penambahan efek dan perubahan format gambar yang tidak sempurna dan mengakibatkan hilangnya fokus gambar.

tokopresentasi.com Tips memilih gambar dan foto untuk slide presentasi 2.jpg (1)

Gambar 3. Gambar yang dimodifikasi dan tidak fokus

Dari satu gambar yang menampilkan beberapa objek, seringkali dilakukan modifikasi yang menyebabkan gambar kehilangan fokusnya. Oleh karena itu, pada saat mengedit gambar sebaiknya fokus pada apa yang ingin disampaikan lewat foto dan gambar tersebut.

Resolusi dan fokus sudah menjadi poin fundamental dalam menampilkan sebuah gambar di slide presentasi. Selain dua itu, ada hal yang tak kalah penting dalam memilih gambar, yaitu relevansi.

Pilihlah gambar yang menarik dan relevan untuk presentasi Anda. Anda tidak mungkin menampilkan gambar duka cita disaat menyampaikan kesuksesan perusahaan dalam mencapai target. Atau menampilkan gambar pemandangan untuk presentasi tentang pendidikan. Oleh karena itu, pertimbangkanlah tentang relevansi saat memilih gambar.

Jika Anda bingung dimana harus mencari gambar yang relevan, dengan kualitas bagus dan tidak dikenakan biaya (free images), sebaiknya Anda membaca artikel ini untuk jawabannya.

Selamat mengaplikasikannya.

Bila Anda ingin tahu lebih banyak mengenai desain presentasi dan tips membuat presentasi yang powerful silahkan ikuti workshop Powerful Point dari Tokopresentasi.com, dim

Untuk pendaftaran workshop Powerful Point, klik di sini

Jadwal public class selama tahun 2017, klik di sini

Website: www.tokopresentasi.com

Email: info@tokopresentasi.com

Phone: 0812 8905 030 / 0812 8816 5156

BBM: 5795FBDD