Angka tidak akan berbicara. Saat mempresentasikan hal-hal yang berbau angka jangan sampai angka-angka tersebut membuat audiens kamu pusing. Jangan biarkan slide presentasimu hanya dipenuhi angka yang kamu tuangkan langsung dari excel. Gunakan angka sebagai kekuatanmu dalam presentasi untuk mencapai tujuan presentasimu. Berikut beberapa tips untuk menampilan angka saat presentasi.

1. Jelaskan arti dari angka tersebut

Menampilkan banyak angka dalam satu slide akan membuat audiensmu bosan. Jelaskan angka secara langsung dan simple dengan cara menjelaskan arti dari angka yang kamu sajikan. Berikan penjelasan apa maksud dari angka yang kamu sajikan, apakah itu total pendapatan, total asset, total piutang, atau lain-lain. Menyampaikan arti dari sebuah angka akan lebih menarik perhatian audiens.

2. Jelaskan angka dengan dukungan visual

Jika slide kamu memilik banyak angka, tampilkan angka yang penting saja dan simpan sisanya didalam handout. Dukung angka penting tersebut dengan beberapa visual agar audiens bias membayangkan apa yang sedang kamu bicarakan.

3. Gunakan chart yang sesuai

Sebelum kamu membuat chart, perhatikan terlebih dahulu fungsi dari chart yang kamu buat. Pastikan sesuai dengan data yang ingin kamu perlihatkan. Column charts digunakan untuk menunjukan perbandingan dalam jangka waktu tertentu. Bar charts menunjukan hasil dalam urutan contohnya terkecil ke terbesar. Pie charts menampilkan data yang berjumlah 100%. Line charts biasanya untuk menunjukan tren. Perhatikan juga komposisi pada chart, contoh saat kamu menggunakan pie chart yang dibagi menjadi empat dan setiap bagian memiliki angka masing-masing, pastikan chart tersebut apabila digabungkan dapat membentuk pie charts.

4. Berikan sentuhan animasi pada chart

Menyediakan chart dalam animasi tentunya akan menarik perhatian audiensmu. Dengan menggunakan animasi kamu bisa menampilkan beberapa kategori chart sekaligus. Ini membantu audiens kamu melihat korelasi angka dan membandingkan satu data dengan data yang lain.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk menyajikan data berupa angka saat presentasi. Jika kamu mendapat kendala dalam pembutan animasi chart kamu bisa lihat contohnya di http://tokopresentasi.com/portfolio/ atau langsung saja hubungi tokopresentasi.com.

Referensi artikel: Indizine.com

Untuk konsultasi perihal presentasi, langsung saja hubungi:

Website: www.tokopresentasi.com

Email: info@tokopresentasi.com

Phone: 0812 8905 030 / 0812 8816 5156

BBM: 5795FBDD