Ada beberapa hal yang perlu dikuasai seorang presenter agar penyampaian presentasinya bagus, yaitu penggunaan Bahasa, perpindahan di panggung, Bahasa tubuh, dan mengatur suara. Hal yang akan paling sering audiens dengar dalam presentasi adalah suara kita sebagai presenter. Maka dari itu, penting bagi kita untuk bisa mengatur suara kita saat presentasi. Ada tiga hal yang harus dikuasai mengenai suara.

1. Volume

Tidak peduli kita menggunakan speaker atau tidak, berbicaralah dengan lantang untuk menjangkau semua audiens namun tidak terdengar terlalu keras bagi audiens yang berada paling dekat dengan kita. Maka dari itu mengatur volume kita berbicara sangat penting. Usahakan, volume kita tetap stabil.

2. Intonasi

Hindari penyampaian yang datar dan monoton tanpa ada intonasi di dalamnya. Itu akan terdengar membosankan bagi audiens. Gunakan perasaan saat kita berbicara sehingga kita bisa memainkan intonasi suara saat di depan audiens. Atur intonasi pada poin-poin yang penting.

3. Kecepatan

Mengatur kecepatan saat kita presentasi sangatlah penting. Jangan berbicara terlalu cepat sehingga audiens tidak bisa menangkap apa yang kita maksud dan jangan berbicara terlalu lamban karena itu akan menghabiskan wakt. Berbicara dengan kecepatan secukupnya.

Itulah ketiga hal penting tentang pengaturan suara kita saat presentasi. Tentunya sangat penting mengatur suara kita di depan audiens karena suara kita merupakan sumber utama dari informasi yang akan audiens kita dengar.

 

Untuk konsultasi perihal presentasi, langsung saja hubungi:

Website: www.tokopresentasi.com

Email: info@tokopresentasi.com

Phone: 0812 8905 030 / 0812 8816 5156

BBM: 5795FBDD