Dalam membuat sebuah presentasi hendaknya seorang presenter memperhatikan beberapa komponen yang setidaknya harus ada pada slide presentasi. Selain desain yang menarik, komponen lain seperti sound effect, transition effect, dan animation effect juga dijadikan pendukung yang akan menghasilkan sebuah presentasi yang mengesankan.

Dalam hal ini, Tokopresentasi merangkum beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan animasi pada slide PowerPoint.

1. Hindari animasi yang berlebihan

Gunakanlah animasi yang sederhana. Beberapa animasi yang tergolong sederhana seperti fade dan appear/disappear dapat dipilih untuk memperbagus slide presentasi. Animasi yang terlalu berlebihan dapat menurunkan bahkan menghilangkan fokus audiens.

2. Sesuaikan dengan kebutuhan

Untuk beberapa topik presentasi ada yang tidak membutuhkan animasi untuk setiap teks atau slide presentasi, dikarenakan topik cenderung serius dan tidak mementingkan visualisasi gambar sebagai pendukungnya. Oleh karena itu, hendaknya seorang presenter melihat kembali situasi dan kondisi apakah animasi diperlukan atau tidak. Seberapa besar pengaruh animasi terhadap materi presentasi yang akan disampaikan.

3. Perhatikan durasi animasi

Dalam pengadaan animasi pada teks atau slide terdapat pengaturan durasi, presenter dapat mengatur seberapa lama animasi tersebut berjalan. Hendaknya memilih durasi yang tepat, tidak terlalu cepat dan tidak terlalu panjang. Sebab durasi pada animasi dapat memengaruhi durasi presentasi juga.

4. Sesuai dengan urutan membaca yang tepat

Perhatikan urutan animasi, jangan sampai salah menempatkan karena sangat berpengaruh pada saat presenter menjelaskan isi presentasi tersebut. Dengan ketepatan meletakkan animasi, maka audiens tidak akan bingung dalam memahami isi presentasi. Seperti yang diketahui, sesuatu yang berurutan akan lebih mudah dicerna dan dipahami oleh audiens.

5. Lakukan review seluruh slide presentasi

Pentingnya melakukan uji coba setelah menempatkan berbagai animasi pada masing-masing teks dan slide presentasi. Dengan begitu, bisa diketahui apakah ada animasi yang kurang atau tidak. Tujuan lainnya agar lebih make sure, dan dengan me-review satu persatu slide presentasi akan lebih meyakinkan presenter bahwa presentasi siap untuk ditampilkan.

Itulah kelima tips yang bisa yang bisa kamu terapkan dipresentasi kamu. Jika kamu mengalami kesulitan dalam membuat animasi presentasi namun menginginkan presentasi yang menarik, jangan khawatir, segera hubungi tokopresentasi sekarang juga.

 

Untuk konsultasi perihal presentasi, langsung saja hubungi:

Website: www.tokopresentasi.com

Email: info@tokopresentasi.com

Phone: 0812 8905 030 / 0812 8816 5156

BBM: 5795FBDD

Referensi artikel: https://www.presentasi.net/tips-cara-membuat-animasi-powerpoint/