Apa sih yang identik dengan bulan puasa? Lapar? Lesu? Mungkin bagi sebagian orang memiliki masalah masing-masing. Namun sepertinya yang banyak dikeluhkan adalah masalah tentang bau mulut. Apalagi untuk kalian yang hobi beraktivitas dan bersosialisasi dengan teman atau rekan kerja, nih. Sepanjang hari maunya pakai masker, tapi mana mungkin saat presentasi di depan kelas atau di depan bos kalian? Mungkin saat itu juga kalian akan dianggap memiliki penyakit menular.

Tokopresentasi.com punya tips nih untuk kalian yang kehilangan percaya diri karena bau mulut ketika akan presentasi.

1. Jangan Lupa Menggosok Gigi dan Berkumur Setelah Makan

Seperti lagu jaman kecil, menggosok gigi adalah rutinitas yang selalu dilakukan terutama setelah makan. Selain menghindari kotoran menyelinap masuk ke dalam gigi, kegiatan menggosok gigi juga dapat mencegah kuman bersarang di dalam mulut yang akan menyebabkan bau. Setelahnya, kalian bisa berkumur dengan mouthwash tanpa kandungan alkohol untuk menetralisir bau mulut yang berlebihan saat menjalankan ibadah puasa selama kurang lebih 13 jam.

2. Membersihkan Lidah Setelah Menggosok Gigi

Satu hal yang tidak boleh dilupakan setelah menggosok gigi dan berkumur adalah membersihkan lidah. Jangan sangka hanya dengan menggosok gigi seluruh kuman akan hilang secara tuntas tanpa meninggalkan sisa. Alangkah lebih baiknya kalian menambah rutinitas baru yaitu menggosok lidah. Sebab kebanyakan dari kalian pasti tidak mengetahui bahwa selain pada gigi, kuman juga berkembang biak pada lidah yang menyebabkan aroma tidak sedap.

3. Minum Air Putih Minimal Dua Gelas Saat Sahur dan Berbuka

Air putih seakan menjadi kebutuhan pokok yang tidak akan pernah ditinggalkan bagi setiap orang. Tidak ada seorangpun yang dapat bertahan tanpa air di hidupnya. Karena fungsi lain dari air putih bagi kesehatan yaitu dapat meningkatkan produksi air liur sehingga membantu kebersihan rongga mulut sepanjang hari. Jadi, jangan lupa minum air putih minimal dua gelas saat sahur dan berbuka puasa ya.

4. Konsumsi Teh Hijau Tanpa Gula

Mungkin beberapa dari kalian ada yang tidak menyukai teh hijau. Sangat disayangkan, sebab bagi kalian yang belum mengetahuinya, teh hijau memiliki kandungan zat polyphenol yang dapat membantu mengurangi bau mulut. Kandungan zat pada teh hijau tersebut mampu membersihkan bakteri di area saluran pernapasan. Tapi ingat ya, tanpa gula. Setidaknya, walaupun pahit, dapat berguna untuk meningkatkan percaya diri di depan umum.

5. Hindari Tidur yang Berlebihan

Berlebihan yang dimaksud dalam poin terakhir tips ini adalah hal yang terus menerus dilakukan sepanjang hari. Bukannya tidak boleh, tapi usahakan untuk menghindari sesuatu yang berlebihan. Selain tidak baik, ternyata kebanyakan tidur bisa menyebabkan mulut menjadi kering. Ketika mulut kering dan kekurangan produksi air liur, bau tidak sedap pada mulut akan lebih mudah muncul. So, mulai atur jam tidur kalian jangan sampai berlebihan ya.

 

Untuk konsultasi perihal presentasi, langsung saja hubungi:

Website: www.tokopresentasi.com

Email: info@tokopresentasi.com

Phone: 0812 8905 030 / 0812 8816 5156

BBM: 5795FBDD