Apa yang biasa Anda lakukan jika ditengah-tengah lupa dan menjadi blank?

Semua bisa terjadi, Anda berbicara secara antusias, dan tiba-tiba Anda lupa selanjutnya apa dan semua menjadi hilang tak terkontrol. Ketika itu terjadi, apa yang akan Anda lakukan untuk kembali melanjutkan pembicaraan Anda ke dalam jalur yang seharusnya?

Kejadian ini tak bisa dielakan, akan terjadi dan sudah banyak yang mengalaminya. Pertanyaannya adalah bagaimana Anda menyikapi hal ini dengan baik tanpa menghancurkan semuanya.

 

  1. Menjaga fokus pandangan kepada pendengar

Memfokuskan pandangan kepada pendengar bisa mengurangi rasa khawatir Anda dalam berpresentasi. Jika mengalami kejadian Blank,Anda dapat mencoba memandang salah satu pendengar untuk beberapa saat dengan ekspresi yang natural. Dari kejauhan, hal ini membuat Anda terlihat melakukan pause yang disengaja, untuk menekankan poin sebelumnya. Bisa saja, sedikit fokus yang dibutuhkan untuk Anda kembali ke trak yang seharusnya.

Fokus kepada pendengar lebih baik dilakukan daripada menunjukan kekhawatiran yang jelas lewat pandangan Anda menatap kemana-mana, dan bisa saja menghancurkan semuanya.

 

  1. Menggunakan Speaker Notes

Bedakan dengan script, Notes atau catatan kecil bisa membantu Anda untuk tetap didalam trak yang seharusnya. Terlebih lagi jika Anda berbicara hal yang penting seperti kenegaraan, atau data bisnis, catatan kecil bisa membantu mengurangi kegundahan Anda jika terjadi blank.

Catatan kecil pun harus diikuti dengan latihan sebelum berbicara yang sesungguhnya. Karena jika Anda mengandalkan catatan kecil sesaat sebelum berbicara, catatan belum tentu bisa membantu Anda sepenuhnya. Oleh karena itu, luangkan waktu setidaknya sekali untuk melakukan latihan dan menyesuaikan bicara dengan catatan yang Anda siapkan.

 

  1. Biasakan untuk tidak mengingat, tetapi improvisasi.

Mengingat bisa saja lupa, tapi impovisasi bisa mengantarkan Anda kepada momen yang tak Anda duga sebelumnya. Improvisasi bisa menciptakan sebuah cerita dengan gaya Anda, memodifikasi pesan inti yang disampaikan. Bukan hal baru jika pendengar merasakan sesuatu yang beda dengan gaya Anda sendiri. Oleh karena itu, layaknya semua pembicara hebat, Anda harus bisa selalu menyisipkan sebuah cerita kedalam presentasi untuk mengantisipasi stuck dan blank.

Disamping itu, Anda bisa mengandalkan visual grafis untuk membantu memastikan pesan yang disampaikan diterima dengan baik oleh pendengar Anda. Sedikit sajian animasi dan kartun bisa membantu Anda tetap pada jalur yang seharusnya. Namun, berlebihan tetap tidak akan menghasilkan sesuatu yang lebih baik.

 

  1. Latihan dan latihan dan tetap latihan

Semakin banyak latihan dan persiapan, semakin baik menghadapi situasi apapun yang akan terjadi ketika berbicara. Jika lupa atau menjadi blank tidak bisa dihindari, setidaknya Anda bisa mengurangi kemungkinan itu terjadi dengan mempersiapkan dan latihan yang maksimal. Lagi, variasikan gaya Anda dalam mengolah satu pesan kedalam beberapa gaya dengan improvisasi. Hal ini bisa membantu Anda mengerti kenapa Anda membicarakan apa yang sedang dibicarakan. Tentu saja, ini bisa membantu menciptakan gaya khas Anda dalam berbicara.

Ada banyak alasan kenapa pembicara hebat bekerja lebih keras ketika latihan dan persiapan, salah satunya memberikan kontrol penuh terhadap materinya. Menciptakan kepercayaan diri yang tinggi, dan ketika Anda tiba-tiba diserang virus blank, Anda bisa beradaptasi dengan santai tanpa harus khawatir. Latihan terus sampai Anda secara penuh memegang kontrol pesan inti yang ingin disampaikan.

Pelajari lebih lanjut lagi mengenai cara berbicara dan juga presentasi di Tokopresentasi

Bila Anda ingin tahu lebih banyak mengenai desain presentasi dan tips membuat presentasi yang powerful silahkan ikuti Workshop dan Training Presentasi dari Tokopresentasi.com, dim

Untuk pendaftaran workshop dan Training Presentasi, klik di sini

Jadwal public class selama tahun 2017, klik di sini

Website: www.tokopresentasi.com

Email: info@tokopresentasi.com

Phone: 0812 8905 030 / 0812 8816 5156

BBM: 5795FBDD