Banyak yang membuat presentasi menggunakan media seperti PowerPoint, Prezi, Sway dan yang lainnya. Media-media ini sudah dicap manjur untuk membantu menyampaikan sebuah presentasi.

Untuk Anda yang menggunakan media-media ini, pastikan 10 hal ini dicek kembali untuk membuat presentasi yang hebat dan Powerful dilansir dari buku The Art of The Start 2.0 karya Guy Kawasaki.

  1. Pastikan latar belakang warna memilih warna gelap

Menampilkan latar belakang warna gelap berpaduan dengan warna font yang cerah bisa membuat pesan didalam slide presentasi menjadi lebih jelas dan mudah dicermati.

  1. Ubah tipe font ke San Serif, Bold, dan warna putih

Font San Serif adalah font yang tidak mempunyai buntut. Contohnya adalah Century Gothic, Arial dan lain-lain. Font-font San Serif ini bisa digabungkan dengan beberapa font lain sesuai selera dan tema. Bila kekurangan inspirasi, Pinterest bisa menjadi satu solusi untuk menemukan inspirasi.

  1. Ubah ukuran karakter tidak kurang dari 30 poin.

Sesuaikan karakter juga dengan kata-katanya. Hapus kata-kata yang terkesan boros, dan ubahlah menjadi kalimat yang lebih efektif. Semakin sedikit kata, semakin bagus untuk diperlihatkan di slide untuk sebuah presentasi.

  1. Gunakan maksimal 25 kata atau kurang di setiap slide

Fungsi dari slide adalah menampilkan intisari dari apa yang anda sampaikan. Oleh karena itu, penggunaan slide dan karakternya hanya sebatas penyampaian poin, bukan kalimat yang ingin anda sampaikan secara verbal. Haruskah penjelasan sepanjang paragraf ditampilkan kedalam slide? Tentu tidak.

  1. Konversikan Kalimat kedalam Frasa

Tak perlu menampilkan kalimat lengkap dari subjek sampai keterangan sampai terlihat terlalu ramai slidenya. Mulai sekarang, ubah kalimat itu kedalam frasa. Simpelnya, poin menonjolnya apa, lalu tampilkan kedalam PowerPointnya. Contohnya, ketika ingin menyampaikan presentasi tentang Indonesia merupakan negara kepulauan, bisa hanya menampilkan “Indonesia dengan 14000+ Pulau”.

  1. Tampilkan point tidak lebih dari 4 di setiap slide

Biasanya, presenter membuat daftar poin menggunakan simbol “>”, “-“ atau “ƙ” guna untuk menjelaskan poin dari satu gambaran besar. Kadang daftar poin melebihi dari kuota semestinya. Untuk mendapatkan slide yang powerful, batasi penggunaan poin menjadi 4 di setiap slide, lalu lanjutkan point berikutnya kedalam slide selanjutnya. Hal ini membuat audiens mudah mengerti juga membuat presenter mudah untuk menjelaskan slide tersebut.

  1. Tambahkan animasi ke setiap poin yang sudah dibuat

Dari daftar poin-poin yang sudah dibuat, diwajibkan untuk membuat animasi ke setiap poin itu. Supaya audiens tidak terjebak untuk membaca poin keseluruhan dimana pembicaraan kita masih menjelaskan poin nomer satu. Animasi ini bisa membantu untuk menampilkan poin satu persatu seirama dengan penyampaian verbal oleh presenter itu sendiri.

  1. Kapitalisasikan Huruf di dalam slide dengan benar

Huruf kapital atau huruf besar hanya untuk judul saja dan awal kalimat. Selain itu, tidak dianjurkan untuk menggunakan huruf kapital selain di dua hal itu. Kecuali jika tipe desain presentasi anda merupakan tipe infografis, maka huruf capital akan dibutuhkan untuk memberikan point out terhadap poin inti dari presentasi yang disampaikan

  1. Cukup kurang dari tiga gambar dan grafik disetiap slide.

Untuk memudahkan audiens melihat inti dari pembicaraan anda dalam slide presentasi, ada baiknya jumlah gambar dibuat seminim mungkin. Dengan memberikan ruang yang cukup anda dapat menampilkan gambar dengan lebih besar dan memberikan kesan mendalam bagi audiens.

Jika presentasi anda membicarakan tentang data dan grafik, sebaiknya anda menampilkan satu grafik dalam setiap slidenya. Namun jika anda terpaksa memasukkan grafik lebih dari satu, maka sebaiknya jumlah grafik dibatasi menjadi 3 buah. Hal ini bertujuan agar grafik mudah dibaca dan dipahami oleh audiens.

Melalui tampilan yang mudah terbaca oleh audiens, diiringi dengan tampilan desain presentasi yang menarik, di saat inilah puncak momen seorang presenter membuat sesuatu yang luar biasa dari penyampaiannya.

  1. Tempatkan logo disetiap sudut slide presentasi

Pada saat melakukan presentasi, jangan lupakan branding. Cantumkan logo perusahaan anda di setiap sudut slide supaya terlihat lebih profesional dan secara tak sadar menempatkan logo itu kedalam pikiran dan penglihatan para audiens.

Bila Anda ingin tahu lebih banyak mengenai desain presentasi dan tips membuat presentasi yang powerful silahkan ikuti workshop Powerful Point dari Tokopresentasi.com, dim

Untuk pendaftaran workshop Powerful Point, klik di sini

Jadwal public class selama tahun 2017, klik di sini

Website: www.tokopresentasi.com

Email: info@tokopresentasi.com

Phone: 0812 8905 030 / 0812 8816 5156

BBM: 5795FBDD