Seringkali kita melakukan presentasi, namun apakah definisi presentasi?

Berdasarkan definisi dari kamus oxford, presentasi adalah proses penyampaian ide, produk baru atau hasil pekerjaan yang ditampilkan dan dijelaskan kepada audiens. Sementara itu, berdasarkan definisi KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), presentasi adalah proses memperkenalkan, menyajikan, dan atau mengemukakan sesuatu dalam suatu diskusi atau forum. Dari kedua definisi ini, dapat disimpulkan bahwa definisi presentasi adalah salah satu proses komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pesan kepada audiens.

Dalam sejarahnya, presentasi sudah dimulai sejak 15000 tahun SM (Sebelum Masehi). Pada masa itu, presentasi yang dilakukan berupa storytelling dengan menggunakan media lukisan-lukisan di dinding. Pada perkembangannya di tahun 500 SM, Yunani mulai memperkenalkan metode public speaking sebagai salah satu metode penyampaian ide. Metode public speaking ini kemudian berkembang sampai ke Roma yang kemudian sering digunakan oleh pengacara dan politikus. Metode public speaking ini melibatkan lebih banyak audiens dan telah merubah sejarah awal presentasi yang berupa penyampaian informasi / sejarah menjadi penyampaian ide yang disertai dengan bukti-bukti yang kuat untuk memperkuat argumen / ide presenter.

Media visual dari presentasi pun terus berkembang, di mana pada tahun 1350 M bar graph (grafik batang) pertama kali dibuat oleh Bishop Nicole Oresme. Lalu pada tahun 1845 M, komik strip modern diperkenalkan oleh Rudolphe Töpffer yang memuat teks dan gambar dalam satu frame cerita.

Alat untuk menampilkan presentasi pun berkembang ditandai dengan ditemukannya OHP pada tahun 1945 M. Seiring dengan berkembangnya teknologi, software PowerPoint pun ditemukan di tahun 1987 M yang kemudian terus berkembang hingga kini. Selain PowerPoint, software pembuat tampilan presentasi pun semakin banyak bermunculan seperti Prezi dan Keynote.

 

Source:

KBBI Online

Oxford Online

Slide:ology book by Nancy Duarte