Video presentasi menjadi salah satu solusi yang efektif bagi seorang presenter yang sering mengalami kesulitan ketika menyampaikan presentasi di hadapan audiens. Media pendukung berupa video presentasi ini, mampu membantu presenter dalam menjelaskan materi presentasi yang dianggap sulit untuk disampaikan. Video presentasi juga dapat dijadikan media contoh atau analogi untuk poin-poin penting presentasi.

Media pendukung ini juga menguntungkan audiens, dengan adanya video presentasi, audiens akan lebih tertarik untuk memperhatikan presentasi yang disajikan oleh presenter.

Berikut ini ada beberapa keuntungan menggunakan video presentasi yang perlu kamu ketahui.

  1. Pendukung Poin Presentasi

Media yang dapat dijadikan pendukung presentasi cukup banyak, salah satunya adalah video presentasi. Sebab tampilan audio visual sangat baik efeknya bagi audiens presentasi. Selain untuk meningkatkan fokus audiens, juga dapat menegaskan tentang suatu hal yang ada di dalam materi presentasi. Dengan begitu, materi presentasi cenderung lebih dipercaya karena memiliki kredibilitas dan bukti pendukung yang kuat yaitu berupa video presentasi. Mengingat semakin banyak media pendukung presentasi yang digunakan, maka semakin tinggi kepercayaan audiens akan presentasi yang disajikan.

  1. Pengisi di Sela Kekosongan Presentasi

Tidak jarang seorang presenter merasa kebingungan akan mencantumkan dan menjelaskan apa saja di dalam slide presentasi. Dengan menggunakan video presentasi, Kamu tidak perlu merasa bingung lagi jika durasi presentasi yang diberikan cukup lama dari waktu perkiraanmu. Namun, durasinya jangan terlalu panjang atau terlalu pendek. Biasanya video presentasi disajikan dalam hitungan menit tapi tidak sampai 20 menit apalagi 1 jam, lho! Bisa-bisa waktu presentasi kamu malah berkurang karena terlalu lama menyajikan video. Alangkah lebih baiknya juga, kamu sambil menjelaskan tentang apa yang tersaji di video ketika video presentasi tersebut sifatnya bisu atau tidak ada penjelasan sama sekali.

  1. Penjelas Materi Presentasi yang Sulit Dipahami

Keuntungan yang ketiga yaitu dengan adanya video presentasi, audiens tidak akan merasa kebingungan untuk memahami materi presentasi. Video presentasi dapat berfungsi sebagai penjelas materi presentasi yang sulit dimengerti dengan menampilkan bentuk visual dan audio di dalamnya. Semakin cepat paham, maka semakin baik. kamu tidak akan merasa kesulitan menjelaskan materi presentasi secara berulang kali karena video presentasi merupakan hal efektif untuk mengatasi permasalahan tersebut.

  1. Video Presentasi Bisa Menghibur Audiens

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, video yang berbentuk audio serta visual sangatlah menarik perhatian audiens presentasi. Tampilannya tentu dapat menghibur banyak pasang mata yang memandang. Selain tidak monoton, video presentasi juga mampu mengatasi rasa bosan audiens presentasi. Sambil menyelam minum air, audiens dapat menerima ilmu pengetahuan dari materi presentasi yang disampaikan sekaligus mendapat hiburan dari apa yang mereka tonton. Tidak harus berupa kartun atau animasi, bisa juga video analogi dari berbagai pengalaman di kehidupan manusia nyata. Semua itu tergantung pada audiens yang menghadiri presentasi, kamu bisa menyesuaikannya.

Itulah beberapa keuntungan menggunakan video presentasi. Metode ini memang dianggap efektif dan efisien bagi audiens dan juga presenter yang telah menggunakan video presentasi sebagai media pendukung presentasi mereka. Semoga bermanfaat, selamat mencoba!