Saat melakukan kerjasama bisnis, umumnya perusahaan akan memberikan company profile sebagai sebuah perkenalan, tidak peduli apakah perusahaan tersebut skalanya masih kecil atau sudah besar lebih dari sekedar alat mepekenalkan diri, company profile adalah benda yang dapat mencerminkan berbagai velue yang dianut dan di tawarkan perusahaan. Jika company profile perusahaan anda tersusun dengan lengkap, dan orisinil maka kesan pertama yang didapat pembacanya akan baik pula.

Menurut hubspot, company profile adalah perkenalan tertulis berbasis informasi tentang sejarah perusahaan, visi misi, nilai, tujuan bisnis, produk, dan fakta fakta lainnya sebagai bukti reputasi profesional di dunia bisnis.

Sebuah company profile perusahaan dinyatakan berhasil apabila dapat menarik minat target pembacanya

Fungsi company profile bagi perusahaan

Selain menggambarkan bisnis dengan tepat pada pembacanya. Company profile perusahaan punya fungsi lain yang tak kalah hebatnya. Beberapa fungsi company profile disamping memperkenalkan identitas bisnis diantaranya

  1. Menciptakan brand story

Dalam company profile, anda bisa menceritakan bagaimana sejarah perusahaan berdiri, pencapaian perusahaan dana apa yang sedang berusaha di capainya.

  1. Mempromosikan brand

Selain menciptakan brand story. Company profile juga bisa digunakan untuk membantu perusahaan mempromosikan brand di masyarakat. Alhasil, semakin banyak pula masyarakat yang aware pada perusahaan anda.

  1. Menunjukan keunikan karakter perusahaan

Seperti sudah disebutkan dalam fungsi company profile poin kesatu, setiap perusahaan punya brand story-nya sendiri

Cara membuat company profile yang menarik

Jika anda masih ragu dan bingung dalam membuat sebuah company profile anda bisa melihat cara di bawah ini :

  1. Tentukan tujuan dan gaya Bahasa

Company profile harus dibuat sedemikian rupa agar bisa mudah dimengerti oleh target audience. Maka dari itu, ada baiknya jika anda menentukan tujuan dari company profile perusahaan.

  1. Ceritakan visi dan misi perusahaan dengan menarik

Cara membuat company profile berikutnya adalah pastikan visi, misi dan velue perusahaan lainnya tersampaikan dengan menarik. Tanpa ada storytelling yang bagus, visi, misi dan value bisnis anda hanya akan tampak sebagai kata kata formal yang kurang makna.

  1. Perhatikan format dan urutan kronologi

Agar terlihat profesioanl, sebaiknya nda membuat company profile dengan format yang jelas dan bersih. Gunakan jenis huruf dan format yang sesuai dengan brand guideline perusahaan.

  1. Tambahkan kata- kata ajakan dan perhatikan typo

Anda bisa memberi sentuhan akhir di company profile dengan menambahkan kata kata ajakan.

Isi company profile perusahaan

Jika anda sudah tau cara membuatnya maka sekaranag ketahui tentang isi dari company profile yang akan anda buat, company profile sebaiknya dirancang dari segi desain, kata kata dan pilihan bahan yang terbaik. Untuk isi company profile meliputi :

  1. Cover depan (wajib)

Untuk cover depan ini sifatnya wajib dan isikan dengan judul/nama perusahaan.

  1. Kata pengantar (opsional)

Kata pengantar ini tidak wajib tapi alangkah baiknya kalau disertakan juga.

  1. About us/tentang kami

Di bagian ini Anda bisa coba isikan tentang perusahaan. Bisa juga juga tentang sejarah berdirinya, bergerak dibidang apa dan isikan apa saja yang kiranya bisa menarik dengan pilihan kata yang tepat.

  1. Visi misi (opsional tapi penting)

Company profile hampir semuanya tercantum visi misi. Meskipun ini sifatnya optional tapi penting untuk diisikan.

  1. Produk/jasa perusahaan (wajib)

Untuk produk atau jasa wajib Anda cantumkan karena ini adalah pokok dari pembuatan brosur company profile agar diketahui pembaca.

  1. Kelebihan (Opsional tapi penting)

Kelebihan perusahaan ini optional tapi agar pembaca bisa tertarik dan berminat untuk membeli produk atau menggunakan jasa Anda, lebih baik disertakan.

  1. Pengalaman perusahaan (opsional)

Pengalaman perusahaan ini tujuannya hampir sama dengan point 6 yaitu agar pembaca bisa lebih tertarik dan percaya dengan Anda.

  1. Galeri foto (opsional)

Galeri foto tidak wajib dicantumkan. Tapi dengan adanya foto brosur jadi lebih bagus dan pembaca tahu aktivitas yang dilakukan maupun produk yang ditawarkan.

  1. Daftar klien (opsional tapi penting)

Daftar klien meskipun terlihat sepele tapi ini bisa menjadi daya tarik terbesar bagi perusahaan. Sebaiknya cantumkan dengan memasangkan logo klien pada brosur.

  1. Cover belakang & kontak informasi (wajib)

Nomor telepon, email, fax dan kontak alamat bisa Anda coba lampirkan di cover belakang ini. Cover belakang wajib dipasang informasi kontak alamat, nomor telepon, fax, email, dll.

  1. Lainnya (opsional)

Jika masih ada informasi yang penting maka bisa juga ditambahkan misalnya saja peralatan atau perlengkapan perusahaan, struktur organisasi dan scan legalitas.

Selain membuatnya sendiri anda juga bisa menggunakan jasa yang sudah berpengalaman agar hasil lebih menarik anda bisa menghubungi  nda bisa hubungi customer service di nomer WA 0813-8823-9660/ 0811 9350 504 ini. anda juga bisa melihat contoh company profile yang sebagian sudah pernah di buat website resminya di tokopresentasi.com yang merupakan salah satu jasa pembuatan video animasi berkualitas di tanah air.

Tertarik untuk order jasa desain company profile kreatif?

Hubungi kami:

Jasa Desain Company Profile Terbaik
Website: www.tokopresentasi.com
Email: info@tokopresentasi.com
Phone: 0813 8823 9660 / 0811 9305 504