Membuat presentasi yang efektif dan efisien membutuhkan keterampilan yang sebaiknya sering diasah seiring dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat. Tentunya sebagian dari Anda tidak mudah mengaplikasikan powerpoint ataupun software lainnya untuk membantu presentasi Anda. Pelatihan inhouse powerpoint menjadi salah satu solusi yang diselenggarakan oleh jasa pelatihan desain presentasi untuk mengatasi masalah Anda.

Hal yang harus Anda buat untuk presentasi yang efektif dan efisien adalah kerangka presentasi. Dengan membuat kerangka presentasi yang tepat, penampilan presentasi sudah bisa dikatakan mendekati kesuksesan. Bagaimana sih cara membuat kerangka presentasi yang efektif dan efisien? Ini dia beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat kerangka presentasi yang tepat.

Mengidentifikasi topik

Topik presentasi yang Anda pilih hendaknya disesuaikan dengan perkembangan yang ada saat ini sehingga audiens mudah mengaitkan topik yang Anda sampaikan dengan permasalahan yang ada saat ini. Tentunya disesuaikan dengan bidang Anda masing-masing sehingga kekhasan topik yang Anda berikan tetap membekas di hati para audiens.

Mengidentifikasi tujuan dan audiens

Tujuan dari suatu presentasi adalah membuat audiens memahami tentang topik yang Anda sampaikan bukan? Nah jika tujuannya adalah membuat audiens paham, Anda harus menyesuaikan gaya bahasa dan materi Anda dengan latar belakang audiens. Apakah audiens adalah para profesional di bidangnya, atau orang awam, atau dari berbagai kalangan? Dengan mengetahui audiens yang berpartisipasi dalam presentasi Anda, Anda akan semakin mudah dalam membuat presentasi yang mudah dipahami.

Pembuka presentasi

Pembuka presentasi biasanya didahului dengan kalimat sapaan. Anda bisa menuliskan nama yang ingin Anda sapa di slide presentasi atau diucapkan secara lisan saja saat Anda melakukan presentasi. Sapaan ini biasanya dikhususkan buat pemateri lain atau orang yang memiliki andil besar dalam acara tersebut atau pejabat yang memiliki kedudukan lebih tinggi.

Tidak semua audiens yang berpartisipasi mengenal Anda dan latar belakang Anda sehingga setelah sapaan, Anda perlu mengenalkan diri Anda secara singkat dan topik yang ingin Anda sampaikan. Akan tetapi hal ini juga tergantung pada konsep acaranya. Terkadang ada seminar yang dipandu oleh moderator sehingga Anda tidak perlu mengenalkan diri Anda secara langsung.

Menyampaikan materi

Materi yang Anda sampaikan hendaknya disesuaikan dengan durasi waktu yang ada. Jangan sampai melebihi durasi waktu yang diberikan karena akan memberikan kesan yang kurang baik. Apalagi jika pemateri lebih dari satu orang, tentunya penyelenggara acara sudah memperhitungkan waktu sedemikian rupa agar acara berlangsung sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat.

Sebaiknya latihan dilakukan berulang sebelum dilakukannya presentasi sungguhan. Latihan presentasi ini sangat membantu Anda dalam memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk menyampaikan materi yang Anda siapkan.

Penutup presentasi

Usahakan Anda memberikan penutup yang membuat audiens berpikir kritis sehingga materi yang Anda sampaikan diingat oleh audiens. Di bagian penutup ini, Anda juga bisa memastikan apakah audiens memahami materi atau tidak. Ringkasan materi sebaiknya disampaikan di bagian penutup sehingga audiens dapat mereview apa yang disampaikan dan mengambil kesimpulan. Jangan lupa menyampaikan alamat email atau kontak yang bisa dihubungi oleh audiens. Siapa tahu akan ada kerja sama lebih lanjut yang bisa Anda jalin setelah presentasi berakhir.

Ingin memiliki sarana belajar membuat presentasi yang baik? Anda bisa bergabung dengan Tokopresentasi. pelatihan inhouse powerpoint. Dalam pelatihan inhouse powerpoint, Anda akan diajari oleh para profesional dalam membuat presentasi dan cara menyampaikan presentasi yang menarik. Tunggu apa lagi, yuk segera bergabung dengan kami

Untuk kebutuhan pelatihan desain presentasi silahkan hubungi kontak yang tersedia

Tertarik untuk ikut pelatihan desain presentasi powerpoint?

Hubungi kami:

Jasa Desain Presentasi Powerpoint Terbaik
Website: www.tokopresentasi.com
Email: info@tokopresentasi.com
Phone: 0813 8823 9660 / 0812 8905 020