Di era pandemi covid seperti saat ini setiap kegiatan diluar rumah akan sedikit dibatasi. Hal tersebut juga berlaku untuk keberlangsungan proses belajaran mengajar. Pembelajaran jarak jauh memang menjadi pilihan yang harus dilakukan. Beberapa guru mulai manfaatkan platform yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran seperti e learning. Dimana didalam platform tersebut terdapat sebuah sistem penyimpanan dalam bentuk html yang dipadukan dengan scrom. Namun tak semua guru memiliki pengetahuan yang cukup akan kedua hal tersebut. Maka dari itu menggunakan Jasa pembuatan elearning scorm 1.2 & html 5 memang sangat diperlukan.

Pengertian Scorm

Sebagian besar para pengguna e learning pasti tidak asing dengan yang namanya scorm. Dimana scrom atau yang sering juga disebut dengan  Sharable Content Object Reference Model merupakan sebuah konten media pembelajaran. Scrom sering kali digunakan dalam beberapa LMS atau Learning Management System. LMS merupakan sebuah sistem komputer yang bisa menyampaikan materi pembelajaran dari guru kepada siswa dengan sistem online.

Dikarenakan nantinya scrom harus dijalankan di dalam browser yang menggunakan bantuan internet. Maka scrome haruslah berbentuk halaman HTML. Namun konten yang ada didalamnya masih berupa audio, video, dan juga grafik.

Permasalahan yang sering terjadi adalah tidak semua guru mampu membuat materi dalam bentuk scrome tersebut. Meskipun begitu agar pembelajaran bisa tetap berjalan dengan baik dan juga lancar. Maka kehadiran Jasa pembuatan elearning scorm 1.2 & html 5 sangatlah membantu.

Cara Scrome Bekerja Pada Platform LMS

Tak bisa dipungkiri jika sampai saat ini penggunaan LMS untuk media pembelajaran jaarak jauh sangatlah dibutuhkan. Namun ada beberapa LMS yang menggunakan scrome sebagai media penyampaian materi.

Jika Anda ingin menerapkan metode scrome sebagai cara penyampaian materi. Maka selain memahami pengertian dan cara penerapan scrom. Maka tak ada salahnya untuk lebih memahami bagaimana mekanisme atau cara kerja dari scrom tersebut. Berikut adalah penjelasannya.

  1. Content packaging

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, scrom merupakan sebuah media penyampaian pembelajaran yang didalamnya terdapat beberapa konten penting. Sebagai contohnya adalah materi dalam bentuk video maupun dalam bentuk audio. Tentunya selain bisa berupa halaman internet, ternyata scrome juga bisa berupa paket dokumen. Paket dokumen tersebut bisa memiliki format .zip. Selain itu dokumen tersebut akan terdiri dari beberapa struktur konten. Mulai dari nama hingga dokumen apa saja yang harus dibuka oleh para siswa yang sedang melakukan media pembelajaran.

  1. Run time communication di LMS

Scrome juga bisa membantu LMS untuk melakukan pertukaran data. Maksud pertukaran data disini adalah ketika seseorang sedang melakukan akses dokumen yang telah dibagikan. Maka LMS akan bisa mengetahui siapa yang sedang mengakses dokumen tersebut. Sebagai contohnya adalah nama dari orang yang mengakses dokumen tersebut.

Mungkin sebagian orang akan merasa terlalu susah untuk bisa memahami scrome. Namun adanya bantuan dari Jasa pembuatan elearning scorm 1.2 & html 5 bisa meringankan ataupun membantu seorang guru dalam membuat scorm tersebut.   Dapatkan juga jasa pembuatan materi e-learning berkualitas dari jasa e-learning terpercaya.

Tertarik untuk order jasa elearning?

Hubungi kami:

Jasa Pembuatan Elearning Terbaik
Website: www.tokopresentasi.com
Email: info@tokopresentasi.com
Phone: 0813 8823 9660 / 0812 8905 020