Cara membuka presentasi tidak melulu dengan “selamat pagi, perkenalkan saya” atau “apa kabar semua, izinkan saya memperkenalkan diri”.

Coba tampil beda dengan membuka presentasi seperti ini:

Mulai dengan pertanyaan

Tanyakan mengenai isu yang berhubungan dengan bidang audiens, atau pertanyaan random yang menimbulkan gelak tawa.

misalnya

“Siapa disini yang hadir karena ingin sekali melihat saya? tidak ada. Apakah semua yang hadir di utus oleh atasannya masing-masing?”

Mulai dengan bercerita

Ceritakanlah sebuah kisah yang akhir ceritanya tidak terduga, ini membuat perhatian audiens tertuju pada presenter.

Contoh,

Ada seorang anak laki-laki yang tinggal di pelosok, kisahnya disebut banyak orang cukup mengispirasi, maka akan coba saya ceritakan dengan singkat, anak itu tidak pernah punya mimpi untuk belajar di kota. tapi kemudian bertemu dengan beberepa pengajar yang bercerita tentang kesuksesan di kota. Anak itu pun ke kota, hampir terjerumus narkoba, tapi bangkit dan mulai sekolah, kuliah, bekerja, mengajar dan anak laki-laki itu saat ini berdiri di depan Anda semua. Perkenalkan saya…

 

Amati situasi dan Coba Recall

Membuka presentasi dengan menceritakan sebuah hal yang tidak biasa dari apa yang baru saja terjadi atau dialami presenter.

Contohnya

Ini pertama kalinya saya menjadi presenter disini, dan ada hal yang membuat saya takjud, tepuk tangan untuk kalian semua!

audiens mungkin akan bertepuk tangan sambil bertanya-tanya, apa hal yang membuat presenter takjub.

“Kalian semua mengingatkan saya saat kuliah, saya dan teman-teman selalu tepat waktu jika menghadiri seminar karena biasanya di japri oleh teman yang terlibat acara.. terima kasih untuk berkomitmen dengan jadwal, rekan-rekan semua, kalian hebat!”

Berani Nyoba?

Kalau mau makin pede presentasi, siapkan slide presentasi yang keren. Btw Tokopresentasi bisa membuat slide presentasimu keren loh, jangan sungkan hubungi kami