Apa pentingnya slide presentasi?

Presentasi itu kan yang penting pintar ngomong, slide presentasi gak usah bagus-bagus amat lah

Pernahkah pertanyaan ini terbesit dalam pikiran anda?

Jangan remehkan slide anda. Berdasarkan data dari microsoft, sebanyak 30 juta powerpoint dibuat dalam setiap harinya. Sedangkan menurut data dari essedee, 350 powerpoint dibuat dalam setiap detiknya. Meskipun memiliki data yang berbeda, namun keduanya sepakat bahwa hampir 90% powerpoint yang dibuat sangat buruk. Akibatnya, kerugian yang muncul karena membuang-buang waktu untuk membuat slide powerpoint yang kurang menarik dan membuang-buang waktu untuk presentasi yang kurang menarik mencapai $250 juta per harinya! Jika dirupiahkan, jumlah kerugian ini setara dengan Rp 3,475 trilyun per hari!

Cukup besar bukan? Lalu, apa pentingnya slide presentasi?

Di bawah ini adalah jawaban dari Tim Toko Presentasi mengenai mengapa slide presentasi itu penting.

1. Menunjukkan persiapan anda

Slide presentasi anda mencerminkan kesiapan anda dalam melakukan presentasi. Slide presentasi yang dipersiapkan dengan baik, memiliki alur penyampaian yang terstruktur dan visualisasi desain yang menarik. Secara psikologis, slide presentasi yang sudah disiapkan dengan baik akan menstimulus motivasi internal anda untuk memberikan kualitas presentasi yang menarik serta membuat anda tampil lebih percaya diri saat presentasi.

Bayangkan jika anda menjadi salah satu audiens dari presenter yang memiliki slide presentasi yang kurang menarik, berantakan, dan tidak terstruktur dengan baik. Pernahkah anda hadir di sebuah presentasi yang tidak disiapkan dengan baik? Bagaimana perasaan anda saat itu? Jangan sampai hal yang serupa terjadi dalam presentasi anda. Persiapkan materi dan slide anda sebaik mungkin.

2. Memberikan kesempatan bagi anda untuk mendapatkan nilai lebih dari audiens

“Salah satu klien kami pernah menghubungi kembali CP kami hanya untuk berterima kasih karena mendapat pujian dari atasannya setelah presentasi menggunakan slide presentasi yang menarik”, ujar Shinta, salah satu founder dari Toko Presentasi. “Tak hanya itu, beberapa dari klien kami menceritakan pengalamannya dipuji oleh juri maupun atasannya, bahkan dipromosikan setelah memberikan presentasi yang menarik”, lanjutnya.

Hal ini menunjukkan bahwa slide presentasi juga mempengaruhi penilaian dari audiens terhadap presentasi anda. Presentasi yang menarik tak hanya membutuhkan kemampuan bicara yang baik, tetapi juga harus memiliki keunikan dan nilai kreativitas tersendiri agar audiens tertarik untuk mendengarkan anda.

3. Memudahkan audiens anda untuk memahami pesan yang anda sampaikan

Menurut Edgar Gale, kemampuan seseorang dalam menyerap informasi berbeda-beda tergantung dari media yang digunakan dan seberapa aktifnya seseorang berpartisipasi dalam proses memahami informasi. Persentase seseorang mengingat dan memahami informasi yang disampaikan adalah sebagai berikut:

10% dari membaca informasi

20% dari mendengar informasi

30% dari melihat informasi

50% dari yang dilihat dan didengar

70% dari yang diucapkan

90% dari diucapkan dan dilakukan

Jika anda melakukan presentasi tanpa menggunakan slide atau alat visual lainnya, maka jumlah persentase penerimaan informasi oleh audiens anda adalah sekitar 20%. Jika anda menggunakan alat visual berupa slide, maka anda akan meningkatkan pemahaman audiens anda menjadi 50%. Dengan kata lain, pada saat menggunakan slide, anda memudahkan audiens anda untuk memahami informasi yang disampaikan.

4. Memudahkan anda untuk menyampaikan ide, data dan fakta

Jika anda melakukan presentasi tanpa slide atau alat visual lainnya, anda hanya akan bercerita tanpa memberikan visualisasi dari yang anda sampaikan. Hal ini akan membuat perbedaan persepsi bagi audiens anda yang dapat berakibat fatal.

Sebagai contoh, anda ingin memberikan presentasi mengenai pentingnya perbaikan irigasi di desa A. Maka, anda harus menunjukkan:

1. Foto-foto berupa fakta bahwa desa A memerlukan perbaikan irigasi

2. Data – data yang menunjukkan adanya penurunan hasil panen yang disebabkan irigasi kurang memadai

3. Perencanaan berupa blue print atau denah tentang titik-titik lokasi irigasi yang perlu diperbaiki, atau perubahan alur irigasi agar lebih baik.

4. dsb

Ketiga informasi di atas akan sulit disampaikan jika data yang ditampilkan tidak menggunakan slide presentasi atau alat visual yang memadai. Apalagi jika audiens yang diajak berdiskusi terkait perbaikan irigasi bukanlah berasal dari desa A. Oleh karena itu, slide presentasi akan sangat dibutuhkan untuk menyampaikan ide, data dan fakta.

Demikian penjelasan terkait pentingnya slide presentasi bagi seorang presenter. Perlu diingat, bahwa slide presentasi yang baik adalah slide kontennya terstruktur dan memiliki visual yang menarik. Untuk membuat slide anda lebih menarik dan dipersiapkan dengan lebih matang, buat desain presentasi anda di Toko Presentasi.

Hubungi kami:
Website: www.tokopresentasi.com
Email: info@tokopresentasi.com
Phone: 0813 8823 9660
BBM: 5795FBDD