Tokopresentasi.com merupakan salah satu penyedia jasa desain slide powerpoint profesional. Pada kesempatan kali ini, tokopresentasi.com akan menjelaskan tips memilih desain powerpoint agar sesuai dengan kebutuhan anda.

Hal pertama yang paling penting adalah apakah tujuan dari pembuatan powerpoint anda? 

Jika anda membutuhkan presentasi yang formal, hindari desain menggunakan banyak clip art. Mengapa? Karena semakin banyak clip art yang anda gunakan, semakin sulit bagi audiens anda dalam mencerna poin inti dari slide yang anda jelaskan. Solusinya, gunakanlah desain yang elegant, salah satunya adalah menggunakan desain flat.

Salah satu contoh presentasi yang menggunakan desain flat adalah sebagai berikut:

Jika tujuan presentasi anda adalah untuk menyampaikan laporan kerja yang disertai banyak gambar, anda bisa memulainya dengan memilih gambar yang tajam, tidak ada salah satu bagian tubuh yang terpotong dari hasil foto yang anda miliki, fokus dan pencahayaan yang tepat, dan tidak ada gambar yang blur.

Setelah itu, anda dapat menata letaknya dan mengaturnya sesuai dengan pesan yang ingin anda sampaikan.

Contoh presentasi yang tata letaknya cukup baik adalah sebagai berikut:

Hal kedua yang perlu anda perhatikan adalah, siapa audiens anda?

Siapkan tema presentasi yang sesuai dengan audiens anda dan topik presentasi. Sebagai contoh, jika audiens anda merupakan klien yang tidak paham sama sekali mengenai desain grafis dan anda harus menawarkan produk-produk anda kepada klien, ada baiknya anda memberikan nuansa desain tersebut ke dalam presentasi.

Sebagai contoh, berikut adalah video dengan tema desain menggunakan warna flat:

Hal ketiga yang perlu diperhatikan adalah, bagaimana cara anda menyampaikan presentasi?

Bagaimana disini menyangkut mengenai kostum apa yang akan anda gunakan, fasilitas apa yang akan anda gunakan saat presentasi, apakah presentasi anda merupakan video presentasi yang terus menerus diputar di latar anda, atau anda memainkan presentasi per klik.

Jika anda memiliki layar super besar di belakang anda saat melakukan presentasi, usahakan gunakan desain presentasi yang singkat dan padat dalam tiap slidenya, karena kelemahan layar yang besar adalah membuat presenter terlihat kecil. Hal ini membuat anda kehilangan fokus dari audiens jika anda menuliskan terlalu banyak hal dalam satu slide dan audiens hanya akan terpaku pada slide anda untuk berusaha membaca poin-poin yang anda tuliskan, bukan pada apa yang anda sampaikan.

Akhir kata, apapun media presentasi yang digunakan, pastikan bahwa anda memiliki kepercayaan diri yang cukup dan menguasai materi anda dengan baik. Karena, anda yang menjadi fokus utama di atas panggung saat presentasi, bukan hanya slide anda.

Terimakasih.