Pada acara seminar, workshop, atau acara lain yang termasuk dalam kegiatan presentasi, seorang presenter perlu mengetahui apa saja hal penting yang harus diperhatikan agar acara tersebut berjalan dengan sukses.

Tokopresentasi merangkumnya menjadi 3 hal penting dalam sebuah presentasi yang didukung oleh persentase. Dengan melihat persentasenya, kita bisa mengetahui hal penting mana yang bernilai besar dan perlu diperdalam untuk mencapai kesuksesan presentasi.

7% Konten Presentasi

Konten presentasi memiliki persentase yang paling kecil. Namun, bukan berarti konten presentasi tidak penting untuk diperhatikan lebih dalam oleh presenter. Carilah materi presentasi yang sedang hangat diperbincangkan di masyarakat. Materi presentasi dengan judul yang unik akan mampu menarik perhatian calon audiens presentasi. Audiens akan lebih dulu melihat seberapa menariknya materi presentasi yang dibawakan, baru kemudian melihat hal lain yang menurut mereka lebih menarik saat pemaparan presentasi oleh presenter.

40% Orang yang Presentasi

Kedua adalah subjek yang membawakan presentasi. Di samping materi presentasi, hal menarik lainnya yang akan lebih diperhatikan oleh audiens yaitu orang yang presentasi. Bukan penampilan fisiknya, melainkan status sosial yang melekat pada orang tersebut. Biasanya audiens akan tertarik pada presenter yang memiliki status tertentu, baik yang berkaitan dengan konten presentasi maupun tidak. Seperti misalnya public figure, stand up comedian, reporter, announcer, dan siapapun yang terkenal di dunia entertainment. Selain orang-orang dengan label ‘terkenal’, profesi lain yang sekiranya memang sesuai dengan konten presentasi yang dibawakan juga menimbulkan rasa percaya pada audiens presentasi.

53% Penyampaian Presentasi

Hal terakhir yang menjadi perhatian adalah cara presenter menyampaikan presentasinya. Tipe penyampaian presentasi dari masing-masing presenter memang berbeda, tergantung pada ciri khas mereka. Oleh karena itu, tetap perhatikan bagaimana cara penyampaian presentasi yang tepat dan efektif. Ada presenter yang ramah dan humoris hingga tidak membuat presentasi terasa membosankan. Ada presenter yang tegas dan sangat percaya diri, bahkan ada presenter yang menyampaikannya dengan lembut dan penuh senyuman. Ini adalah hal utama yang sangat diperhatikan dan menjadi pertimbangan audiens dalam menilai apakah presentasi tersebut mengesankan atau tidak.

 

Demikian 3 hal penting dalam sebuah presentasi yang patut diperhatikan untuk presentasi yang sukses. Semoga dapat membantu menyelesaikan masalah presentasimu!

 

 

 

Untuk konsultasi perihal presentasi, langsung saja hubungi:

Website: www.tokopresentasi.com

Email: info@tokopresentasi.com

Phone: 0812 8905 030 / 0813 8823 9660

BBM: 5795FBDD