Kamu perlu mengetahui hal sederhana untuk menciptakan sebuah presentasi yang menarik perhatian audiens. Bukan hal yang rumit untuk dipelajari dan dipahami, kok. Kesederhanaan adalah hal utama yang harus ada dalam membuat serta melakukan presentasi. Tidak jarang audiens presentasi merasakan bosan yang teramat sangat karena penyajian presentasi yang terlalu bertele-tele dan slide presentasi yang terlalu mengganggu. Lalu apa yang seharusnya dilakukan?

Tokopresentasi memiliki tips yang dirangkum dalam 3 rumus sederhana dalam presentasi, simak yuk!

1. Sederhanakan Bahasa Presentasi

Rumus pertama adalah menyederhanakan bahasa ketika menjelaskan materi presentasi. Gunakanlah kata dan kalimat yang tidak mengandung makna ganda (ambigu) serta mudah dicerna. Jangan gunakan kata-kata yang sekiranya mengandung kontroversial sehingga terdengar sensitif di telinga audiens. Setiap audiens presentasi memiliki tingkat pemahaman yang berbeda-beda satu sama lain, ada yang cepat dan ada pula yang lambat dalam memahami. Oleh karena itu, hendaknya lebih diperhatikan dalam sisi penggunaan gaya bahasa presentasi, termasuk bahasa non verbal atau gesture.

2. Sederhanakan Slide Presentasi

Rumus kedua yaitu menyederhanakan slide presentasi. Kamu bisa meringkas materi keseluruhan dan menjadikannya beberapa slide presentasi saja, yang kemudian di setiap slide tersebut hanya dituliskan poin-poin penting yang hendak dijelaskan secara lisan. Tidak perlu mencantumkan seluruh materi presentasi dan penjelasannya, sudah pasti audiens tidak akan membacanya sampai habis. Mereka akan lebih memilih untuk mendengarkan seorang presenter berbicara menjelaskan isi materi presentasi tersebut. Namun, tidak perlu memaksakan diri untuk menyusun slide presentasi dalam jumlah yang sedikit. Sebab yang terpenting adalah isi dari setiap slide presentasi, dimana masing-masing slide presentasi berisi poin-poin penting dengan ukuran font yang tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar sehingga mudah dibaca serta didukung oleh ilustrasi menarik.

3. Sederhanakan Gambar Presentasi

Rumus yang terakhir adalah menyederhanakan gambar yang ada di dalam slide presentasi. Sederhana di sini berarti tidak menambahkan gambar atau ilustrasi yang berlebihan, yang tidak sesuai dengan konten presentasi. Itu hanya akan dianggap sampah oleh audiens. Namun, akan berbeda jika ilustrasi atau gambar tersebut sesuai dengan materi yang dibahas pada slide presentasi. Gambar juga harus memiliki High Definition (HD) agar ketika ditampilkan saat presentasi, gambar tidak pecah atau buram. Sebenarnya tidak ada yang mengharuskan di setiap slide presentasi wajib dicantumkan gambar. Ilustrasi atau gambar hanyalah pilihan opsional, bukan unsur utama yang wajib ada di dalam slide presentasi.

 

Tiga rumus sederhana dalam presentasi di atas merupakan hal mudah untuk diingat bukan? Cobalah untuk menyusun dan menyampaikan presentasi secara sederhana, dengan begitu audiens presentasi akan cepat menerima materi presentasi dengan baik.

 

 

Untuk konsultasi perihal presentasi, langsung saja hubungi:

Website: www.tokopresentasi.com

Email: info@tokopresentasi.com

Phone: 0812 8905 030 / 0812 8816 5156

BBM: 5795FBDD