Kisah dari film “A Starwars Story” ini mungkin tidak banyak diketahui orang, bahkan penggemar dari tokoh utamanya yaitu Han Solo tergolong tidak banyak. Han Solo dikenal sebagai penyelundup ulung yang dibesarkan di planet Corellia. Hidupnya tidak jauh dari aktivitas kriminal yang membuat dirinya dianggap sebagai penjahat.

Namun, banyak hal yang ada di dalam diri Han Solo yang dapat kamu contoh dan kamu teladani di dalam kehidupanmu sehari-hari. Selain itu, kamu juga dapat menerapkannya sebagai strategi yang dilakukan oleh seorang presenter dalam menyajikan sebuah presentasi. Kamu dapat meniru perilaku positifnya sebagai strategi presentasi dalam membuat presentasi yang menarik. Perhatikan beberapa poin berikut ini untuk mewujudkan presentasi yang sukses.

1. Motivasi yang Tinggi

Dalam filmnya, Han Solo dibesarkan di sebuah planet bernama Corellia. Di sana ia harus dapat bertahan hidup dengan cara mengais dan mencuri barang-barang milik orang lain. Han Solo berusaha keras untuk keluar dari planet tersebut dengan berbagai cara. Seperti halnya kamu yang menginginkan presentasimu sukses, dibutuhkan motivasi dan tekad yang kuat untuk mewujudkannya. Walaupun sulit, semua akan terlewati dengan mudah jika ada motivasi untuk berusaha lebih keras. Sebab, presentasi sukses hanya akan didapat oleh orang-orang yang memiliki motivasi kuat dan usaha yang keras. Semakin tingginya motivasi, maka semakin tinggi pula semangatmu untuk mewujudkan presentasi yang menarik bagi audiens.

2. Cerdik dan Cerdas

Han Solo memiliki akal yang cerdas dan juga cerdik. Ia mencari berbagai cara untuk bisa kabur dari Corellia. Dengan kecerdikannya itu, ia berhasil mengelabui orang-orang dan pergi menggunakan pesawat. Menjadi seorang presenter juga harus cerdas dalam mencari solusi dan jalan keluar dari suatu masalah, terutama dalam menjalani sebuah presentasi. Seorang presenter harus mengetahui bagaimana caranya membuat audiens tertarik untuk mendengarkan isi presentasi hingga akhir. Mengingat sebuah presentasi yang menarik bukan hanya dilihat dari konten presentasi ataupun desain presentasi, penyajian presentasi juga penting untuk diperhatikan.

3. Berpikir Positif

Dalam filmnya, A Starwars Story, Han dikhianati oleh Qi’ra dan Beckett. Namun, Han Solo tetap berpikir positif (positive thinking) terhadap keduanya dan tetap memercayai mereka walaupun sudah dikhianati bahkan hampir dicelakai. Dalam menjalani sebuah presentasi, kamu harus selalu yakin dan berpikir positif mengenai apapun yang ada di depan matamu. Kamu harus yakin bahwa kamu bisa melewatinya dengan baik, kamu juga harus berpikir positif terhadap audiens di hadapanmu bahwa mereka akan menjadi pendengar dan pemerhati yang baik.

Yakinlah bahwa kamu dapat menyajikan sebuah presentasi yang menarik dan luar biasa tanpa khawatir mengalami kegagalan. Berpikir positif sama seperti halnya percaya diri. Semakin tinggi rasa percaya dirimu, maka semakin tinggi pula keyakinanmu untuk menyajikan presentasi yang terbaik.

4. Penuh Strategi

Han Solo selalu berani melakukan sesuatu walaupun itu berisiko tinggi. Ia memutuskan untuk menyelamatkan Qi’ra yang berada di Corellia dengan menyamar jadi pilot kekaisaran. Hal itu dilakukan berdasarkan strategi yang matang demi menyelamatkan Qi’ra. Sebelum presentasi pun, seorang presenter harus lebih dulu menyusun strategi presentasi agar berjalan dengan maksimal. Sebuah strategi bagaimana agar presentasi yang kamu sajikan tidak membosankan, hingga bagaimana membuat audiens mudah memahami materi presentasi yang dipaparkan. Tanpa rancangan atau rencana, kamu tentu akan kesulitan dalam menentukan pilihan. Alhasil, pemikiranmu akan mudah goyah bahkan runtuh hanya dengan sekali sentuh.

 

Itulah hal-hal yang dapat diteladani dari Han Solo agar kamu dapat menjadi seorang presenter yang hebat. Jangan lupa untuk memikirkan rencana yang tepat untuk strategi presentasi terbaik. Sukses ya!

 

 

Untuk konsultasi perihal presentasi, langsung saja hubungi:

Website: www.tokopresentasi.com

Email: info@tokopresentasi.com

Phone: 0812 8905 030 / 0812 8816 5156

BBM: 5795FBDD