Seperti yang Anda ketahui, aplikasi PowerPoint merupakan aplikasi yang umum digunakan oleh banyak orang sebagai alat pendukung dalam melakukan kegiatan presentasi. Walaupun sebenarnya masih banyak aplikasi-aplikasi presentasi lainnya yang dapat digunakan, selain aplikasi PowerPoint. Aplikasi-aplikasi presentasi tersebut seperti Prezi, Canva, Sway, Keynote, dan aplikasi lain yang fungsinya tidak jauh berbeda dengan aplikasi PowerPoint.

Pada artikel kali ini, Tokopresentasi akan membahas mengenai manfaat presentasi menggunakan aplikasi PowerPoint. Mari simak poin-poin berikut ini!

1. Memudahkan Presenter untuk Menjelaskan Presentasi

Aplikasi PowerPoint tentu mudah digunakan bagi siapapun dan apapun kebutuhannya. Bahkan di luar dari kebutuhan untuk presentasi. Dengan adanya aplikasi PowerPoint, presenter tidak perlu menjelaskan terlalu keras materi presentasi yang ada kepada para audiens. Mengapa? Karena sebagian besar pendukung materi presentasi seperti visual baik gambar maupun video sudah ada di dalam aplikasi ini.

Di aplikasi PowerPoint Anda juga dapat menyajikan narasi singkat yang akan membantu Anda menjelaskan isi presentasi dengan mudah dan mengurangi risiko lupa atau blank.

2. Materi Presentasi Lebih Tersusun Rapi

Kerapihan materi presentasi menjadi salah satu poin plus dan acuan bagi seorang presenter ketika menyajikan presentasi di hadapan audiens. Dengan bantuan aplikasi PowerPoint ini, materi presentasi akan tersusun secara berurutan sehingga Anda pun tidak perlu merasa kebingungan harus mulai dari mana menyampaikannya.

Fasilitas slide presentasi pada aplikasi PowerPoint bertujuan untuk mengurutkan materi presentasi Anda, slide presentasi juga dapat dipindahkan dan disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Dengan materi presentasi yang tersusun rapi, audiens akan lebih mudah menyerap informasi dan tidak perlu merasa pusing mendengarkan paparan dari presenter yang berputar-putar kesana kemari.

3. Tampilan Desain Presentasi Lebih Menarik

Tentu saja, banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk desain presentasi yang menarik. Salah satu aplikasinya yaitu aplikasi PowerPoint. Selain karena tampilannya yang sederhana, fasilitas yang ada di dalam aplikasi PowerPoint juga mudah untuk dioperasikan. Semakin tahun, fitur-fitur di dalam aplikasi PowerPoint sudah semakin lengkap dan user-friendly.

Anda tidak perlu merasa kesulitan ketika mendesain slide presentasi yang menarik. Anda hanya membutuhkan kreativitas dan kemauan untuk belajar mendesain slide presentasi pada PowerPoint. Sama sekali tidak sulit, sebab hampir semua shortcut dan menu pada aplikasi PowerPoint mudah dipahami dan digunakan sesuai keinginan.

4. Materi Presentasi Menjadi Mudah Dipahami Audiens

Dengan adanya aplikasi PowerPoint, materi presentasi menjadi lebih mudah dimengerti oleh audiens. Sebab ada visualisasi yang mendukung materi presentasi, seperti gambar, animasi, audio, bahkan video. Anda dapat memasukkan semua file pendukung tersebut ke dalam aplikasi PowerPoint. Audiens tidak akan merasa bosan karena ada sesuatu yang mereka lihat dalam bentuk visual.

Dengan kata lain, mereka tidak hanya mendengarkan presenter berbicara tetapi juga menikmati visualisasi yang ditampilkan di hadapan mereka. Pada akhirnya, informasi yang disampaikan oleh presenter akan cepat dipahami audiens.

5. Pemaparan Presentasi Lebih Terjadwal

Sebagai seorang presenter professional, dibutuhkan kedisiplinan tingkat tinggi dalam menyajikan sebuah presentasi termasuk dari segi manajemen waktu. Dengan menggunakan aplikasi PowerPoint untuk presentasi, kegiatan pemaparan bisa lebih terjadwal. Terjadwal maksudnya adalah tepat pada waktunya, tidak melebihi atau kurang dari batas waktu yang ditentukan. Presentasi Anda juga akan lebih teratur dan terstruktur sesuai dengan yang telah direncanakan.

Bagi Anda yang belum mengetahuinya, pada aplikasi PowerPoint terdapat salah fitur yang memungkinkan untuk mengetahui berapa lama presenter melakukan presentasi. Jadi, Anda bisa membatasi waktu presentasi secara mandiri.

Demikian artikel mengenai manfaat presentasi menggunakan aplikasi PowerPoint. Selain dari beberapa manfaat yang telah dibahas, banyak manfaat lainnya yang mungkin tidak disadari yaitu manfaat yang timbul di dalam diri Anda seperti semakin percaya diri, semakin berani berbicara di hadapan publik, dan sebagainya. Semoga bermanfaat!