Di postingan kali ini akan dibahas mengenai arti sebuah warna. Warna ternyata memiliki arti sehingga setiap warna yang digunakan sangat mungkin melahirkan makna ataupun kesan tertentu. Pernahkah kamu melihat warna langit yang biru dan warna pepohonan hijau yang kemudian membuatmu tenang? Warna yang diberikan alam tersebut berhasil menyentuh emosi kita.

Mengapa warna memiliki makna?

Makna sebuah warna berasal dari efek psikologis, kondisi biologis, dan perkembangan budaya. Makna warna bisa diartikan berbeda oleh orang yang berbeda latar belakang danĀ  kebudayaan. Misalnya warna merah di negara cina menjadi lebih istimewa karena dipercaya membawa keberuntungan.

Warna dalam desain

Dalam desain, arti sebuah warna sering diabaikan. Banyak orang mendesain presentasi dengan warna yang ia sukai tanpa mengedepankan kesan apa yang akan kemudian muncul. Warna memang hanya satu dari banyak elemen dalam desain presentasi. Penggunaan warna pada desain presentasi biasanya mengikuti warna logo perusahaan, jika itu presentasi untuk kebutuhan kerja.

Lain cerita dengan presentasi untuk umum, penggunaan warna harus sangat hati-hati. Misalnya untuk himbauan coba gunakan warna-warna terang agar mengesankan ketegasan. Jangan gunakan warna-warna pastel.

Berikut ini arti warna secara umum dilansir graphie.co.id;

Warna merah, warna merah identik dengan api yang memiliki energi dan mengesankan berani, Merah juga menandakan kemarahan, ini menjadikan warna merah sangat kuat dalam memperngaruhi emosi orang yang melihatnya. Merah juga dikatakan dapat merangsang nafsu makan, itulah mengapa restoran makanan cepat saji menggunakan warna merah.

Warna orange, mengesankan antusias dan kreativitas. Warna ini terlihat segar, fresh dan masih nyaman untuk dilihat.

Warna kuning adalah warna yang ceria, awet muda, penuh harapan. Ini adalah warna lain yang menarik perhatian dan dapat digunakan untuk menunjukkan kewaspadaan, seperti merah dan oranye.

Warna biru menunjukan kepercayaan, kecerdasan. Maka banyak bank yang menggunakan warna biru sebagai salah satu warna dalam logo.

Warna hijau menunjukan keseimbangan dan kekayaan

Dan makna warna lainnya bisa kamu temukan di google. Perlu diingat warna hanya satu dari beberapa elemen yang mendukung penyampaian pesan, meski kontribusinya mungkin tidak terlihatĀ  tapi jangan juga diabaikan ya. Semangat melahirkan desain terbaikmu!

Kamu bisa melihat penggunaan warna dalam desain pada karya Tokopresentasi dibawah ini.

Load More Posts

Tertarik untuk order jasa desain presentasi powerpoint?

Hubungi kami:

Jasa Desain Presentasi Powerpoint Terbaik
Website: www.tokopresentasi.com
Email: info@tokopresentasi.com
Phone: 0813 8823 9660 / 0812 8905 020